≡ Menu

Fans Hardcore Wajib Tahu Fakta Unik Android Ini!

Apa kamu pengguna device berbasis Android? Well agaknya perangkat buatan Google ini telah menjadi bagian tak terpisahkan jika berbicara teknologi – terutama bila dihubungkan dengan perlengkapan komunikasi modern.

Android yang sudah ada disekitar sobat sejak satu dekade lalu ini ternyata menyimpan cukup banyak fakta mengejutkan dan menarik lho. Penasaran? Check this one out:

  • Bukan Asli Buatan Google

Jika ngotot mengatakan Android adalah bikinan Google, maka kamu telah melakukan kesalahan besar. Android awalnya dibentuk tahun 2003 oleh Andy Rubin, Rich Miner, Chris White, dan Nick Sears yang memiliki hubungan cukup kuat dengan T-Mobile.

Kemudian pada tahun 2005 Google memutuskan mengakuisisi Android Inc dengan nilai perkiraan investasi mencapai $50juta. Andy Rubin, Rich Miner, dan Chris White sendiri tetap berada di Android Inc. untuk mengembangkan sistem operasi yang kini kita kenal. Lalu setelah 10 tahun berlalu, Android diketahui menjadi salah satu investasi paling sukses Google dengan menguasai sekitar 85% pasar sistem operasi dunia.

  • Ternyata Nama Android Dari Sini

Pernahkah kamu berpikir dari mana nama Android berasal? Well ternyata Android diambil dari julukan Andy Rubin yang merupakan co-creator Android. Nama tersebut dia dapatkan ketika dia bekerja di Apple sebelum bergabung dengan Google karena dikenal memiliki kecintaan terhadap robot.

  • Android Pernah Diprediksi Gagal

Android hampir selalu mendapat pujian jika sobat berbicara mengenainya sekarang, namun tahukah kamu jika di awal peluncurannya sistem operasi ini dipandang sebelah mata? Hal ini terjadi di masa ketika iPhone merupakan sesuatu yang dipuja, sementara BlackBerry dan Microsoft menjadi pemimpin produsen ponsel pintar. Inilah yang kemudian membuat banyak orang skeptis ketika sebuah perusahaan mesin pencari dan penyedia layanan surat elektronik membuat smartphone.

Pada sebuah diskusi di akhir tahun 2008 ada sebuah pertanyaan yang diajukan, yaitu “kita harus berbicara tentang Android ‘kan?”. Kemudian seorang panelis dari Pandora menjawab, “Mengapa? Mengapa kita harus berbicara mengenai Android. Tak seorangpun peduli dengan itu”.

  • Android 1.0 dan 1.1 Tidak “Manis”

Kita semua tahu bahwa Google selalu menggunakan nama makanan manis (dessert) untuk menamai Android, mulai dari Oreo, Nougat, Marshmallow, Lollipop, Ice Cream Sandwich, dan lain sebagainya. Ini juga yang membuat fans selalu bertanya-tanya nama selanjutnya dari Android.

Hal ini tentu berbanding terbalik dengan nama pertama Android. Android 1.0 ternyata dikenal dengan nama “Alpha” atau “Astro Boy”, kemudian Android 1.1 dikenal dengan nama “Petit Four” yang diambil dari nama makanan pembuka dari Perancis. Android 1.5 “Cupcake” merupakan versi pertama yang menggunakan nama makanan penutup.

  • Prototipe Pertama Android Mirip BlackBerry

Salah satu fakta unik Android yang patut sobat ketahui adalah tentang prototipe pertama. Banyak orang percaya bahwa iPhone memiliki kesan paling besar dalam model Android pertama. Sebelum iPhone menunjukkan devicenya, prototipe pertama Android yang diberi nama “Sooner” berbentuk seperti BlackBerry dengan keyboard. Setelah iPhone diumumkan tanpa keyboard fisik, T-Mobile G1 yang merupakan perangkat berbasis Android pertama. Perangkat bernama “Sooner” itu akhirnya tak pernah muncul ke publik.

  • Honeycomb Jadi Satu-satunya Versi Gagal

Jika kini kita tahu bahwa Android bisa dipasang dalam berbagai jenis peralatan, mulai dari ponsel hingga TV, maka dulu hal ini tak akan terjadi. Android hingga tahun 2010 hanya digunakan dalam ponsel. Ketika dunia sedang mengalami demam tablet, Google kemudian mendesain sistem operasi yang mampu digunakan dalam tablet; voila lalu muncullah Honeycomb.

Versi sitem operasi ini hanya bisa digunakan untuk tablet, namun memiliki harga cukup tinggi dan tak didukung banyak aplikasi. Google kemudian merevisi sistem operasi ini dan meneruskan ke versi Android lainnya yang bisa digunakan untuk banyak ukuran dan peralatan.

  • Android Ternyata Lelaki

Apakah kamu pernah memikirkan jenis kelamin Android? Well, Android yang memiliki symbol manusia berpenampilan robit ternyata adalah seorang laki-laki lho.

  • Ini Pemanufaktur Smartwatch Berbasis Android

Kita semua tahu bahwa Google meluncurkan Android Wear – perangkat berbasis Android yang diwujudkan dalam bentuk jam tangan – pada tahun 2014. Semenjak peluncurannya, jam tangan berbasis Android menjadi pilihan banyak orang karena dinilai cukup asik dan terlihat bergaya.

Meski sangat popular dalam beberapa tahun terakhir, namun sebenarnya Google tak menjadi yang pertama meluncurkan jam tangan pintar. Pada tahun 2010 lalu, Sony (Ericsson) meluncurkan LiveView Watch berupa jam tangan yang terhubung dengan perangkat Android. Melalui jam tangan ini, kamu bisa melihat feeds Twitter, RSS feed, SMS, serta mengontrol media player dalam perangkat. Sony kembali meluncurkan perangkat generasi kedua pada tahun 2013, kemudian Samsung turut meramaikan pasar arloji pintar Android.

Android dengan segala keunikannya membuat banyak orang jatuh cinta. Kini hampir semua perangkat terintegrasi dengan sistem operasi buatan Google ini. Dengan sekelumit penjelasan yang sudah dibagikan, kini kamu tahu lebih banyak fakta-fakta yang tersebunyi dari sistem operasi ini ‘kan!



Artikel Terkait :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: