≡ Menu

7 Emulator Android Terbaik untuk PC/Laptop

Emulator Android untuk PC – Memiliki Android memang seolah sudah menjadi tren pada masyarakat di berbagai belahan dunia tak terkecuali Indonesia. Tapi, mahalnya harga sebuah gadget Android tentu saja masih memberatkan beberapa pihak dan terpaksa tidak ikut merasakan sensasi menggunakan sistem operasi yang terkenal super asyik tersebut. Nah, jangan keburu berkecil hati dulu kawan. Anda bisa mencoba untuk mengunduh aplikasi Emulator Android untuk PC yang tersedia di berbagai website resmi emulator Android. Ada yang bisa Anda unduh dan pakai secara gratis dan ada juga yang berbayar, dan masing-masing memiliki kelebihan yang patut dilirik. Penasaran apa saja aplikasi emulator Android untuk PC yang tepat untuk Anda? Simak informasi berikut:

  1. BlueStacks

bluestacksAplikasi Emulator Android untuk PC yang masih sangat populer di kalangan para pengguna adalah BlueStacks. Telah banyak pengguna yang merasakan kecocokan menggunakan aplikasi ini karena benar-benar merasakan seolah menggunakan Android sungguhan dan pastinya sangat menghemat biaya jika Anda ingin membeli smartphone berbasis Android namun masih terasa berat di kantong.

Apabila ingin memasangnya, Anda harus tahu bahwa perangkat lunak ini adalah aplikasi Android untuk PC RAM 1 GB sehingga harus sesuai dan jangan sampai kurang RAM yang dimiliki oleh PC. Memang aplikasi ini tetap bisa berjalan pada RAM di bawah 1 GB, tapi Anda akan sering merasakan lagging karena begitu beratnya aplikasi dimainkan oleh PC tersebut dan akhirnya performanya menjadi terhambat serta tak maksimal. Aplikasi emulator Android untuk PC ini bisa diunduh serta dijalankan untuk para pengguna Windows dan juga Mac.

Link Download

  1. YouWave

YouWaveApabila Anda menginginkan Emulator yang antiribet, YouWave bisa menjadi pilihan yang tepat karena tampilan yang ditawarkan memang cukup ramah di mata dan para pemula pun bisa dengan mudah tahapan demi tahapan proses pemasangan perangkat lunak pada PC. Para pengguna yang telah memakai aplikasi ini pun juga merasakan kenyamanan serta jarang merasakan lagging selama pemakaian. Hanya saja yang masih menjadi kendala adalah aplikasi ini hanya bisa dijalankan secara gratis selama 10 hari saja, jadi apabila Anda senang dengan YouWave maka silakan untuk purchase lisensi sekitar lebih dari 200ribu rupiah.

Agar aplikasi Emulator Android ini bisa berjalan dengan baik pada PC Anda, maka pastikan terlebih dahulu pada PC sudah memiliki prosesor berupa Intel Premium 1.6 GHz, RAM sebesar 1.5 GB dengan disk space sebesar 500 MB. Perangkat lunak ini juga mendukung OS Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dengan 32 atau 64 bit. Namun yang perlu disayangkan, meski tergolong smooth, nyatanya aplikasi ini masih belum mendukung permainan populer seperti Clash of Clans (COC) dan juga BBM. Padahal kedua aplikasi Android tersebut bisa digolongkan populer, bukan?

Link Download

  1. Windroye

WindroyeAplikasi emulator Android untuk PC selain BlueStacks adalah Windroeye yang merupakan perangkat lunak berasal dari negeri tirai bambu dan terkenal akan pembawaannya yang ringan. Ada banyak aplikasi Android yang bisa dijalankan dalam emulator ini seperti BBM, whatsapp, LINE, Instagram, dan berbagai aplikasi yang hanya bisa dioperasikan pada smartphone berbasis Android saja. Tidak hanya itu, Windroye juga memungkinkan para pengguna dapat memainkan permainan Android seperti Clash of Clans, Get Rich, Hay Day, Boom Beach, dan game berat sebagainya.

Jika Anda ingin menggunakan aplikasi Emulator Android untuk PC Wandroye, maka pastikan bahwa PC telah memiliki RAM sebesar 2 GB sehingga pengoperasian aplikasi dapat bekerja secara optimal alias bebas lagging. Proses pemasangan pada PC setelah pengunduhan pun tergolong mudah karena Anda hanya perlu beberapa kali “klik” dan melewati semua tahapan dengan cepat.

Link Download

  1. MEmu

MEmuSelain Wandroye, MEmu merupakan aplikasi emulator Android buatan Tiongkok yang juga menawarkan perfoma terbaik di kelas emulator. Tidak hanya itu, kelancaran dalam pengoperasi aplikasi emulator pada PC juga merupakan salah satu keunggulan dari MEmu, jadi tidak heran jika banyak pengguna yang memutuskan untuk mencoba aplikasi ini dan ternyata banyak tanggapan positif yang didapat. Bahasa pengantar yang digunakan juga tidak hanya bahasa Tiongkok saja sehingga memudahkan pengguna untuk melewati tahap-tahap instalasi yang disajikan oleh MEmu.

Aplikasi Emulator Android untuk PC ini juga selain kompatibel untuk PC, pada Notebook dan tablet juga sangat smooth digunakan. Meski perangkat lunak ini masih memakai sistem operasi Android 4.2.2 (Jelly Bean), tapi itu bukanlah hambatan karena memang masih sangat stabil ketikan Anda coba jalankan.

Link Download

  1. GenyMotion

GenyMotionGenyMotion merupakan salah satu aplikasi simulator Android untuk PC yang bekerja sama dengan aplikasi emulator lain untuk menampilkan hasil yang sempurna. Namun tak dapat dipungkiri, kerja sama ini menghasilkan sebuah perbandingan yang membuat pemakai tahu jika GenyMotion memiliki fitur-fitur yang lebih menarik ketimbang Android emulator lainnya tersebut.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengunduh Android emulator ini, pastikan terlebih dahulu bahwa gadget yang dimiliki sudah berbasis Mac, Linux, Windows, atau Ubuntu karena GenyMotion kompatibel dengannya. Akan tetapi, sebelum memulai proses instalasi, Anda perlu mengunduh dan menginstal kotak virtual terlebih dahulu pada PC demi kelancaran proses pemasangan Android emulator. Setelah proses instalasi semua selesai, maka Anda bisa dengan segera menggunakan Android emulator GenyMotion.

Link Download

  1. DuOS-M!

DuOS_icon-logo_2014Emulator Android ini merupakan perangkat lunak yang memberikan penawaran dengan sensasi PC rasa Android yang terasa begitu kuat. Menariknya lagi, DuOS-M! mendukung teknologi multi-touch dan juga pinch to zoom, jadi sangat cocok bagi Anda yang memiliki PC atau laptop dengan layar sentuh. Wah, benar-benar terasa memakai Android sungguhan, bukan?

Selain ragam aplikasi Android seperti Instagram, Path, Line, Whatsapp, dan sebagainya bisa dijalankan, Anda pun bisa memainkan game-game seru yang tersedia di Play Store. Katakanlah Anda bisa memainkan game Android fenomenal, Clash of Clans dengan sangat lancar karena memang simulator Android ini mendukung penuh. Namun yang perlu Anda perhatikan, Emulator Android sebagus ini ternyata hanya memberikan percobaan gratis selama 30 hari dan setelahnya harus membayar US$ 9.99. Harga tersebut sebenarnya cukup murah jika dibandingkan dengan Anda harus merogoh kocek lebih dalam lagi untuk membeli smartphone Android sendiri. Tidak hanya itu, DuOS-M! memberikan lisensi seumur hidup lho!

Link Download

  1. Andy Android Emulator (Andyroid)

logoAndroid yang perlu Anda pertimbangkan untuk dimiliki adalah Andy Android Emulator atau yang lebih akrab disebut Andyroid. Aplikasi Emulator Android untuk PC ini telah mendukung sistem operasi Android Kit-Kat sehingga pengguna akan merasakan seolah memakai Android sungguhan karena sensasinya yang begitu nyata. Jadi Anda bisa maksimal dalam menjalankan aplikasi maupun game-game Android yang super seru.

Namun, kekurangan dari Andyroid sendiri adalah Anda harus memiliki PC yang memiliki RAM sebesar 3 GB untuk melancarkan proses instalasinya. Tidak hanya itu, Emulator Android ini hanya mendukung prosessor AMD (AMD-VT) dan Intel (Intel VT-x) serta Windows 7 dan 8. Proses pengunduhannya perangkat lunak ini pun masih menggunakan sistem Online Installer yang dirasa kurang efektif di mata beberapa pengguna terlebih di negeri kita ini, Indonesia.

Link Download

Masing-masing dari aplikasi Emulator Android untuk PC memang memiliki kelebihan serta kekurangan sehingga calon pengguna diminta lebih selektif saat memilih perangkat lunak yang tepat dan sesuai dengan spesifikasi PC. Beberapa aplikasi memang menyediakan lisensi berbayar, tapi tentu saja harganya masih jauh lebih terjangkau ketimbang Anda memutuskan membeli Android sementara fasilitas PC masih bisa dimaksimalkan. Selamat mencoba!



Artikel Terkait :

Kirim Komentar

%d blogger menyukai ini: