≡ Menu

Cara Praktis Menyembunyikan Aplikasi & Game di Android

Cara Menyembunyikan Aplikasi di Android

Bagi orang yang menyukai sebuah privasi, tentu tidak membiarkan sembarang orang memasuki “ranah” mereka tanpa sepengetahuannya. Jika sobat termasuk orang yang mengutamakan privasi, tentu wajib memiliki aplikasi Android untuk menyembunyikan aplikasi lain demi menjaga dari hal-hal yang tidak sobat kehendaki.

Ada banyak tips untuk memilih aplikasi dari pihak ketiga dan agar sobat tidak salah sasaran, ada baiknya jika menyimak cara-cara berikut:

  • Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Salah satu cara menjaga privasi smartphone dari tangan-tangan jahil orang di sekelilingmu adalah dengan mendownload aplikasi Android untuk menyembunyikan aplikasi lain secara gratis dari Play Store. Nggak kebayang ‘kan jika privasi sobat jadi rusak gara-gara belum menginstal aplikasi Android terbaik untuk menyembunyikan aplikasi lain? Berikut adalah aplkasi terbaik yang kami rekomendasikan untuk sobat:

  • Hide App-Hide Application Icon

Aplikasi pihak ketiga bikinan ThinkYeah Mobile (AppLock & GalleryVault) ini memang khusus diciptakan untuk menyembunyikan aplikasi Android lain sesuai dengan komando dari si pengguna. Untuk menggunakan aplikasi ini, sobat perlu melakukan root terlebih dahulu sebelum mengunduhnya karena nantinya aplikasi ini akan meminta ROOT permission.

Kelebihan aplikasi keren Android ini selain menyembunyikan aplikasi lain adalah bebas iklan sehingga sobat tidak akan terganggu dengan iklan-iklan yang tiba-tiba muncul ketika sedang menjalankan Hide App. Selain itu, aplikasi ini juga telah dilengkapi dengan fitur Support PIN Lock yang akan memudahkan sobat untuk kembali mengeluarkan aplikasi dari “persembunyian”-nya hanya dengan memasukkan PIN keamanan.

  • X App Hider (Hide Application)

Aplikasi X App Hider untuk Android buatan Chen Xian ini juga merupakan rekomendasi aplikasi terbaik yang berguna untuk menyembunyikan aplikasi lain sesuai dengan perintah dari si pengguna. Sobat bisa menyembunyikan aplikasi Android seperti facebook, YouTube, dan sebagainya dengan mudah dan juga gratis. Untuk memudahkan proses instalasi, pastikan terlebih dahulu bahwa Android sudah di-ROOT karena aplikasi ini nantinya juga akan meminta ROOT permission.

Cara menjalankan aplikasi ini pun juga terbilang mudah yaitu sobat hanya perlu menginstal XCalculator terlebih dahulu sebelum mengunduh X App Hider. Setelah itu, masuk ke setting yang ada di X App Hider lalu pilih “hide my icon” dan tunggu hingga ada kotak dialog yang meminta sobat untuk lanjut ke XCalculator dan pilih tombol OK. Setelah XCalculator berjalan, sobat akan diminta untuk memasukkan “1.yourPassword=” dan setelah memasukannya, maka X App Hider akan langsung keluar.

Sobat bisa membaca lengkap mengenai bagaimana pengoperasian X App Hider dan XCalculator hanya dengan membuka laman aplikasi yang ada di Play Store atau ikuti saja petunjuk yang selalu muncul di setiap sobat menjalankan aplikasi tersebut.

  • Menggunakan Launcher

Tahukah sobat, selain dengan aplikasi Android pihak ketiga, menggunakan aplikasi Launcher untuk menyembunyikan aplikasi lain juga sama efektifnya, lho. Jika aplikasi pihak ketiga seperti Hide App dan X App Hider lebih disukai oleh sobat yang menggunakan launcher bawaan, maka lain halnya dengan sobat yang lebih suka menggunakan launcher untuk mempercantik tampilan antarmuka Android.

Aplikasi launcher apa sajakah yang bisa dimanfaatkan sebagai aplikasi untuk menyembunyikan aplikasi Android lain? Ada banyak macam launcher, tapi kami akan memberikan rekomendasi berdasarkan favorit pengguna Android lainnya:

  • GO Launcher

Aplikasi launcher yang telah diunduh oleh lebih dari ratusan juta orang ini memang memiliki keunggulan berupa desain antarmuka yang apik dan dilengkapi juga dengan fitur-fitur menarik. Banyak pengguna yang merasakan manfaat baik setelah mengunduh aplikasi launcher ini salah satunya adalah kelebihan dalam menyembunyikan aplikasi lain yang juga dilengkapi dengan pengamanan sempurna.

Pengamanan tersebut berupa permintaan kode pattern setiap kali akan membuka folder berisi aplikasi yang disembunyikan. Sobat hanya perlu membuka menu lalu pilih “Sembunyikan Aplikasi”, lalu GO Launcher akan meminta sobat untuk memasukkan pattern pengaman. Setelah langkah tersebut, GO Launcher akan menampilkan semua aplikasi Android yang sobat miliki untuk dipilih dan dipilah mana sajakah yang perlu disembunyikan. Praktis sekali, bukan?

  • Smart Launcher

Aplikasi launcher yang satu ini tergolong berukuran ringan sehingga sangat cocok bagi pengguna yang memiliki ruang penyimpanan tidak terlalu besar pada Androidnya. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur untuk menyembunyikan aplikasi lain dan terjamin juga keamanan serta privasi sobat.

Hal pertama yang sobat lakukan adalah menjalankan aplikasi setelah proses pengunduhan Smart Launcher. Setelah itu masuklah ke menu lalu pilih aplikasi manakah yang ingin sobat sembunyikan dengan cara memilih lalu menekan untuk menahannya hingga muncul “set as hidden”. Apabila sobat memilih “set as hidden”, maka secara otomatis aplikasi yang telah dipilih akan hilang daftar.

  • Hola Launcher

Aplikasi launcher yang sudah diunduh oleh ratusan juta pengguna Android di dunia ini memang memiliki tampilan menarik dan mudah digunakan. Ada banyak fitur-fitur menarik yang bisa sobat manfaatkan salah satunya adalah fitur menyembunyikan aplikasi lain sehingga tidak akan muncul di tampilan antarmuka.

Sobat hanya perlu mengunduh aplikasi launcher ini, lalu jalankan ketika proses instalasi selesai. Setelah semua aplikasi muncul pada antarmuka launcher, cari aplikasi yang ingin disembunyikan, pilih, lalu tekan, tahan, dan seret ke atas ke posisi tulisan “sembunyikan”. Setelah sobat menyembunyikannya, maka secara otomatis aplikasi tersebut tidak akan muncul lagi di antarmuka Hola Launcher.

  • Menggunakan fitur bawaan

Jika sobat tidak bisa mengunduh aplikasi pihak ketiga atau pun aplikasi launcher untuk melindungi privasi sobat, tidak perlu khawatir karena sebagian besar Android sudah dibekali dengan fitur menyembunyikan aplikasi lain. Ada beragam cara menyembunyikan aplikasi lain, dan berikut ini adalah contoh penggunaan secara umum:

  1. Buka App Drawer atau bisa juga disebut Home Aplikasi, lalu sobat tekan Menu dan setelah itu pilihlah Hide Apps atau mungkin dalam bahasa Indonesia yaitu Sembunyikan Aplikasi. Centang semua aplikasi Android yang ingin sobat sembunyikan lalu pilih Selesai jika sobat merasa sudah cukup. Apabila sobat ingin melihat aplikasi mana sajakah yang telah disembunyikan, pilih kembali Menu -> Tampilkan Aplikasi Tersembunyi -> Selesai.
  2. Apabila sobat sudah menekan menu pada App Drawer dan tetap tidak menemukan pilihan tersebut, cobalah masuk ke pengaturan atau settings. Pilih Display dan scroll hingga menemukan Hide apps. Setelah memilihnya, sobat akan diminta untuk memasukkan kode pattern lalu muncullah daftar aplikasi Android yang sobat miliki. Centang aplikasi mana sajakah yang ingin disembunyikan lalu kembali ke App Drawer untuk memastikan aplikasi tersembunyi tidak tampak di antarmuka.

Aplikasi Android untuk menyembunyikan aplikasi lain ini memang sangat cocok jika dikategorikan sebagai aplikasi Android paling berguna untuk melindungi privasi pengguna. Bukan tidak mungkin jika saat sobat lengah lalu meletakkan smartphone sembarangan dan ada tangan-tangan jahil yang bisa saja melakukan hal-hal yang tidak diinginkan dengan mengatasnamakan sobat. Wah, jangan sampai terjadi, ya. Jadi, pastikan aplikasi sobat tetap aman dalam persembunyiannya dengan cara-cara yang kami berikan!



Artikel Terkait :

Kirim Komentar

%d blogger menyukai ini: