≡ Menu

Tips: Cara Mengambil Gambar Screenshot di HP Android

Cara mengambil gambar screenshot pada HP Android sebenarnya bukanlah perkara rumit, namun nyatanya masih ada banyak pengguna yang kebingungan ketika berhadapan dengan hal ini. Tak ayal banyak dari mereka yang penasaran mengenai bagaimana cara memfoto layar HP sendiri (sebutan lain untuk screenshot) dan memutuskan bertanya ke sana ke mari. Apakah sobat juga merasakan hal yang sama? Tenang saja, sebentar lagi kita akan kupas habis untuk memenuhi rasa pensaran sobat.

  1. Cara mengambil gambar screenshot di HP Android tanpa instal aplikasi

Cara ini tergolong jarang diketahui oleh pengguna smartphone bahwa masing-masing vendor ternyata sudah membekali produk mereka dengan kemampuan tangkap layar. Hanya saja, masing-masing vendor memiliki cara yang berbeda saat mengambil gambar screenshot pada HP Android. Coba perhatikan 3 tips berikut ini untuk sobat:

  • Tips pertama

Beberapa vendor menyematkan tombol home yang terletak di bawah layar mereka. Tahukah sobat, tombol itu jugalah yang memiliki fungsi sebagai screenshot layar ponsel. Sobat cukup menekan beberapa detik tombol home dan tombol power (biasanya ada di sisi kanan atau kiri ponsel) secara bersamaan sampai layar bergetar atau keluar suara yang menandakan bahwa tangkapan layar berhasil. Tips ini cocok sebagai cara screenshot di HP yang vendornya menyediakan tombol home pada merek smartphone tersebut.

  • Tips kedua

Jika cara pertama kurang cocok pada ponsel pintar sobat, cobalah cara kedua ini. Semua Android pasti dibekali dengan tombol volume (+) dan (-) yang biasanya terletak di sisi kanan atau kiri ponsel. Tombol ini tidak berfungsi hanya sebagai pengatur besar kecilnya suara tapi juga bisa berguna untuk screenshot layar HP. Sobat cukup menekan tombol power dan tombol volume (-) secara bersamaan lalu tunggu sepersekian detik sampai tangkapan layar berhasil. Cara screenshot di HP Android Smartfren, Lenovo, Oppo, ataupun cara memfoto layar HP Asus juga sama dengan cara kedua ini.

  • Cara ketiga

Selain melalui tombol power + volume atau tombol home + power, beberapa vendor ponsel pintar juga menyediakan fitur screenshot melalui menunya. Sobat bisa mengeceknya dengan menyeret menu dari layar atas lalu perhatikan apakah ada fitur screenshot atau tidak. Sementara untuk cara lain, sobat bisa menekan tombol power dan tunggu hingga keluar menu pop-up lalu pilihlah take screenshot untuk mengambil gambar. Voila! Hasil screenshot bisa langsung sobat cek di gallery kesayangan.

  1. Cara mengambil gambar screenshot pada HP Android dengan install aplikasi

Cara screenshot ini khusus untuk ponsel pintar yang ternyata tidak dibekali dengan fitur screenshot oleh vendor mereka sehingga harus mengunduhnya dari Play Store. Cara ini juga dapat sobat gunakan sebagai alternatif apabila tombol power, home, atau volume tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Berikut ini kami akan berikan rekomendasi aplikasi screenshot untuk HP Android yang kompatibel dengan semua merek:

  • Screenshot by Geeks.Lab.2015

Screenshot by Geeks.Lab.2015Cara mengambil gambar screenshot pada HP Android bisa dengan bantuan aplikasi salah satunya adalah Screenshot yang dibuat oleh Geeks.Lab.2015. Aplikasi ini terbilang favorit karena begitu banyak pengguna yang menyatakan puas serta mudah dalam menggunakannya. Sobat cukup mengunduh dari Play Store lalu lakukan pencarian nama aplikasi, setelah itu install dan tunggu sampai proses pemasangan selesai. Apabila aplikasi sudah terpasang pada Android, maka secara otomatis tombol power dan volume (-) langsung aktif sebagai fungsi screenshot jika ditekan bersamaan. Sobat bisa menambahkan mozaik, tulisan, gambar, dan sebagainya ke dalam hasil screenshot.

  • OK Screenshot by GO Launcher Dev Team

OK Screenshot by GO Launcher Dev TeamGO Launcher Dev Team merupakan salah satu vendor aplikasi Android yang ciptannya sudah dinikmati oleh berbagai pengguna di berbagai belahan dunia. Dev Team juga meluncurkan aplikasi sreenshot yang kompatibel dengan hampir semua merek HP Android. Banyak pengguna yang menggunakan aplikasi ini karena mudah digunakan, namun Dev Team memberikan ketentuan bahwa aplikasi ini bisa berjalan maksimal jika HP Android telah di-Root dan OS tidak boleh di bawah 4.0. Sobat cukup mengunduhnya dari Play Store lalu jalankan dengan menekan tombol power dan volume (-) bersamaan.

  • Screenshot by lovekara

Screenshot by lovekaraKetika sobat terlibat dalam percakapan di bbm, whatsapp, line, telegram, atau lainnya, terkadang timbul keinginan untuk mengabadikan pembicaraan tersebut. Jika sobat masih belum mengerti, menggunakan aplikasi screenshot bisa menjadi cara yang paling tepat. Sobat bisa mengunduh aplikasi Screenshot dari lovekara ini, lalu tunggu hingga proses instalasi di HP Android selesai. Setelah itu buka percakapan bbm, atau sosmed lainnya lalu tekan tombol power dan volume (-) secara bersamaan atau untuk pengguna Samsung tekan  tombol home dan power, lalu tunggu sampai hasil tangkapan tersimpan. Mudah kan cara screenshot percakapan bbm, line, whatsapp, dan sebagainya ini?

  • Screenshot Capture by App Doodle

Screenshot Capture by App DoodleAplikasi screenshot ini sangat cocok bagi pengguna smartphone Android yang tidak dibekali tombol apapun baik di sisi kanan, kiri, atas, atau bawah ponsel, dan apabila ponsel memiliki tombol tapi tidak dapat berfungsi dengan baik, maka ini bisa menjadi solusi yang tepat. Aplikasi ini memiliki fitur Overlay Button sehingga tombol ini otomatis selalu berada di layar ponsel dan bisa sobat atur tingkat opacity agar tidak mengganggu pandangan saat melihat aplikasi lain. Dan ketikan ingin menangkan gambar layar, tinggal ketuk saja tombol tersebut lalu tunggu hingga tersimpan. Sobat juga bisa edit dengan menambahkan gambar atau tulisan pada hasil screenshot yang telah diambil.

  • Screenshot by Kastor Soft

Screenshot by Kastor SoftCara mengambil gambar screenshot dengan aplikasi Android lainnya adalah menggunakan Screenshot buatan Kastor Soft. Aplikasi ini cenderung ringan dan mudah digunakan bagi pengguna yang memiliki smartphone dengan fungsi tombol tidak bagus. Sobat bisa mengatur setelan sehingga jika ingin screenshot layar, sobat hanya perlu mengocok HP saja. Hasil tangkapan layar pun bisa sobat simpan sesuai keinginan seperti dalam format Bmp, PNG, dan juga JPG. Aplikasi ini pun memungkinkan sobat untuk memotong gambar, menyimpan, dan membagikan hasilnya di media sosial seperti twitter, facebook, maupun dropbox. Wah, lengkap sekali, ya?

 

Itulah berbagai cara mengambil gambar screenshot pada HP Android yang bisa coba sobat terapkan pada ponsel kesayangan. Simpan percakapan pada Android juga semakin lebih mudah sehingga sobat tidak akan kehilangan moment berharga menggunakan screenshot ini. Untuk pengguna Android yang ponselnya tidak dilengkapi dengan fitur screenshot, tenang saja karena aplikasi pihak ketiga yang direkomendasikan tadi sudah yang terbaik di kelasnya. Ada banyak pengguna yang merasakan kecocokan saat menggunakan aplikasi screenshot Android untuk melengkapi kebutuhannya tanpa ada masalah. Nah sobat, sekarang sudah tidak bingung lagi ‘kan mengenai cara memfoto layar HP sendiri?



Artikel Terkait :

Kirim Komentar

%d blogger menyukai ini: