≡ Menu

Cara Pesan GrabCar, Mobil Sewaan dengan Tarif Murah dan Nyaman

Cara Pesan Grab – Ramainya aplikasi penyedia transportasi roda empat di tanah air membuat banyak vendor yang berlomba-lomba memberikan pelayanan terbaik. Salah satu aplikasi yang sedang booming adalah GrabTaxi dan GrabCar yang menjadi 1 bagian dari Grab. Banyak pengguna baru yang ingin menjajal Grab dan ingin mengetahui lebih lanjut bagaimana cara daftar GrabCar sekaligus menikmati layanannya.

GrabTaxi dan GrabCar memang berbeda, tapi sama-sama unggul dalam pelayanan yang membuat penumpang nyaman. GrabTaxi merupakan taksi setempat yang diajak bermitra oleh Grab dan telah melalui proses pelatihan keselamatan berkendara. Sementara GrabCar adalah pemilik kendaraan berpelat hitam yang mendaftarkan diri sebagai bagian dari keluarga Grab. Model mobil yang disediakan memang tergantung dari si pemilik tapi kebanyakan adalah mobil keluarga yang sanggup memuat lebih dari 2 penumpang.

Sebelum ke cara mendaftar GrabCar, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu memiliki smartphone seperti Android atau iOS. Mengapa demikian? Semua pemesanan GrabCar hanya dapat dioperasikan di smartphone saja, jadi memiliki Android atau iOS adalah “wajib” untuk calon pengguna. Nah, agar tidak bingung, simak langkah-langkah mendaftar GrabCar untuk pengguna baru ini:

  1. Instal Aplikasi

instal-aplikasi-grabcarCara daftar Grabcar yang pertama adalah menginstal aplikasi Grab terlebih dahulu pada smartphone kesayangan. Kamu bisa mengunduh aplikasi Grab dari Play Store atau App Store secara gratis, ukuran file-nya pun tidak terlalu besar jadi tidak akan menghabiskan media penyimpanan ponsel. Pastikan juga bahwa kamu memiliki paket internet atau telah terhubung dengan Wi-Fi demi kelancaran proses pengunduhan.

  1. Registrasi di Aplikasi

registrasi grabcarSetelah proses pemasangan pada smartphone telah selesai, bukalah aplikasi Grab yang nantinya akan menghubungkan kamu dengan GrabCar. Aplikasi GrabCar ini biasanya meminta Kamu untuk mengaktifkan fitur lokasi, jadi klik saja “Mengerti” saat membuka aplikasi dan secara otomatis Kamu akan dibawa ke pengaturan dan hidupkan “Lokasi’ lalu kembalilah ke menu Grab

Pada halaman pertama aplikasi GrabCar, kamu akan ditanyai apakah akan “Masuk dengan Facebook” atau “Masuk dengan Nomor”. Jika memilih “Masuk dengan Facebook”, kamu akan diminta mengisi email serta sandi akun facebook lalu ikuti tahap demi tahap yang dipandu oleh aplikasi Grab ini.

Nah, jika memilih “Masuk dengan Nomor”, maka kamu akan diminta mengetikkan nama, email yang masih aktif, dan nomor telepon. Isilah data diri kamu dengan benar untuk menghindari kecurigaan ataupn masalah di masa mendatang dan jika telah selesai, silakan klik “Selanjutnya” yang ada pada pojok kanan atas.

Kamu akan diminta menunggu beberapa saat karena aplikasi akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS. Kamu bisa melihat 4 digit kolom yang disediakan dan isilah dengan nomor yang diterima melalui SMS, tapi jika Kamu tidak menerima SMS, ulangi sekali lagi dan jika tetap tidak ada SMS masuk, lakukan verifikasi suara. Segera setelah kamu memilih verifikasi suara, akan ada panggilan masuk, angkatlah lalu catat 4 digit nomor yang disebutkan oleh operator dan masukkan kembali ke kotak verifikasi tadi. Voila! Akun GrabCar telah sukses dibuat!

  1. Menu aplikasi

Setelah kamu memahami cara daftar GrabCar, ada baiknya juga jika mengetahui lebih lanjut mengenai fitur-fitur yang disediakan oleh aplikasi ini. Saat masuk ke aplikasi, klik menu yang ada di pojok kiri atas dan dengan segera  pilihan fitur akan muncul:

  1. Profile : Menu profile pada Grab ini berisi tentang data diri kamu seperti nama, email (digunakan untuk menerima e-receipt, nomor ponselmu yang telah terdaftar, dan referral code.
  2. GrabPay : GrabPay berfungsi sebagai alat bayar yang akan kamu gunakan tanpa perlu lagi membayar cash. Klik “GrabPay” lalu klik “add credit/debit” dan sesaat kemudian, kamu akan diminta mengisi data mengenai nomor kartu kredit, masa berlaku kartu kredit, dan juga CVV. Tidak punya kartu kredit? Tenang saja, GrabCar juga dengan senang hati menerima pembayaran cash atau tunai dari Anda!
  3. History : Pada menu yang ada di GrabCar ini, history berfungsi untuk mengecek catatan jenis pembayaran, rute perjalanan, nama pengemudi, kode booking, dan taxi type apa saja yang telah kamu gunakan.
  4. Favourites : Ada rute perjalanan yang sering kamu gunakan? Masukkan saja ke dalam favourite agar lebih praktis sehingga kamu tidak perlu lagi bolak-balik mengisi pick up dan drop off.
  5. Scheduled : Dengan aplikasi GrabCar, kamu juga bisa lho menjadwalkan kapan keberangkatan yang dipilih.
  6. Notification : Pada menu ini, pihak Grab akan memberikan informasi atau promo yang sedang berlaku sehingga Kamu bisa memanfaatkannya.
  7. Invites : Kamu bisa mengajak teman, sahabat, dan kerabatmu untuk beramai-ramai menginstal aplikasi Grab di smartphone Copy saja link referral lalu bagikan dan biarkan mereka mengunduh dari link yang kamu berikan. Keuntungan dari link tadi, kamu dan mereka bisa mendapatkan saldo 30ribu yang langsung masuk ke akun masing-masing.
  8. Support : Menu ini berfungsi untuk menerima kritik dan saran dari para pengguna. Jadi, kalau kamu punya kritik atau saran yang bersifat membangun, klik saja menu “Supprot” lalu ketikkan masukan darimu.
  9. Memesan GrabCar

Setelah mengenal lebih jauh mengenai aplikasi Grab dan bagaimana cara daftar GrabCar, sekarang saatnya mengetahui cara memesan GrabCar yang gampang banget:

  1. Sebelum membuka aplikasi, pastikan bahwa fitur lokasi pada Android telah diaktifkan. Jika sudah, bukalah aplikasi Grab dan tunggu hingga lokasimu terdeteksi secara otomatis.
  2. Setelah terdeketeksi, pastikan bahwa kamu berada di titik yang benar atau kamu juga bisa mengetikkan posisimu di “Pick Up” lalu ketikkan juga ke mana tujuanmu di “Drop Off” dan dapatkan info biaya perjalananmu.
  3. Kalau kamu sudah mengonfirmasi pesanan, maka secara otomatis aplikasi akan mencari pengemudi GrabCar yang ada di sekitarmu dan jika sudah ada, kamu bisa langsung mengonfirmasi mereka.
  4. Setelah menkonfirmasi pengemudi GrabCar, maka secara otomatis juga aplikasi akan memberikan informasi bahwa pengemudi akan tiba di tempatmu selama 1 menit. Beberapa pengemudi juga ada yang akan menelepon kamu untuk memastikan bahwa mereka sedang dalam perjalanan menjemputmu.
  5. Selama menunggu pengemudi datang, kamu bisa melacak keberadaannya melalui peta yang disediakan aplikasi. Pengemudi tidak akan terlambat karena posisi mereka ada di sekitarmu, namun jika terjadi sesuatu sehingga timbul keterlambatan, kamu bisa menghubungi mereka dari info yang diberikan di aplikasi.
  6. Taraa! GrabCar sudah ada di depanmu, mereka akan dengan ramah membukakan pintu, menanyakan kembali arah tujuanmu, dan mengantarkanmu ke tempat tujuan dengan selamat sehingga perjalananmu pasti bakal seru juga nyaman.

Tidak sulit ‘kan cara daftar GrabCar tadi? Kelebihan GrabCar adalah mampu menampung hingga 6 penumpang! Wah, tentu saja ini sangat menguntungkan terlebih jika kamu bersama keluarga atau geng karena selain lebih hemat, perjalanan juga aman dan nyaman. Grab sangat menomorsatukan kenyamanan pengguna dalam menikmati perjalanan, jadi jangan heran jika para driver sangat ramah dalam memberikan pelayanan, menjawab pertanyaanmu, atau mungkin mengajak mereka mengobrol.

Kirim Komentar

%d blogger menyukai ini: