≡ Menu

Cara Daftar Anggota PERBAKIN

Cara daftar anggota PERBAKIN – “No man is really happy or safe without a hobby”, merupakan sebuah ungkapan yang pernah keluar dari William Osle. Pernyataan tersebut sekaligus menunjukkan pada banyak orang tentang pentingnya memiliki hobi karena mampu memberikan banyak dampak positif, mulai dari sekedar sebagai sarana “istirahat” dari penatnya aktivitas harian hingga sebagai mata pencaharian.

Hobi hadir dalam berbagai  bentuk sesuai dengan pilihan setiap individu, termasuk kegemaran menembak. Hobi ini tergolong cukup unik karena memadukan unsur kesenangan sekaligus kehati-hatian sebab memainkan senjata api bukanlah sesuatu yang sepenuhnya aman. Terlebih, peredaran senjata api bukanlah sesuatu yang bisa didapatkan dengan mudah.

Anda yang merupakan penggemar olahraga menembak di Indonesia sebaiknya bergabung dengan PERBAKIN sebagai  salah satu organisasi menembak resmi. Dengan bergabung disini, maka Anda tidak hanya bisa menyalurkan hobi namun juga berkesempatan bertemu sesama penggemar olahraga menembak sekaligus mencetak prestasi.

Hmmm, seperti apa sih gambaran umum organisasi ini dan bagaimana cara daftar anggota PERBAKIN? Berikut merupakan sekelumit informasi yang dapat Anda jadikan sebagai pedoman:

  • Sepenggal Kisah PERBAKIN

Olahraga menembak di Indonesia sebenarnya sudah muncul sejak paruh pertama abad ke-20 dengan terbentuknya “NICG” yang merupakan perkumpulan berburu menggunakan senjata api. Pada waktu itu kebanyakan anggotanya adalah orang Eropa yang berada di Indonesia karena Ibu Pertiwi masih dibawah jajahan Belanda.

Hobi menembak baru dijadikan sebagai cabang olahraga setelah pada tahun 1950 Didi Kartasasmita, Oisaid Suryanatanegara, dan beberapa orang lainnya membentuk Perhimpunan Olahraga Perburuan Ondonesia (PORPI) yang kemudian berganti nama menjadi PERBAKIN pada 17 Juli 1960 lalu. Kepanjangan Perbakin sendiri merupakan Persatuan Menembak Sasaran dan Berburu Seluruh Indonesia dengan misi utama mengenalkan cabang menembak pada masyarakat. Setahun sejak berubah nama menjadi PERBAKIN, wadah menembak Indonesia ini akhirnya masuk sebagai anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dengan Mayjen Sungkono sebagai Ketua Umum PB-PERBAKIN pertama dengan didampingi oleh Abubakar Lubis, Soetrisno, Ir. Kunto Adji, Soedirgo, Sujanuji, Purnomo, dan Alibasa Saleh.

PERBAKIN mendapat sambutan cukup meriah dari masyarakat dengan kemudian muncul berbagai cabang, mulai dari PERBAKIN Jakarta, PERBAKIN Bandung, dan lain sebagainya. Pada perkembangannya, klub menembak di Indonesia ini bahkan membentuk sekolah menembak PERBAKIN  yang dimaksudkan untuk melakukan pembinaan sejak dini pada bibit-bibit atlet unggulan. Sekolah yang dibentu ini nantinya di harapakan dapat menghasilkan penembak unggulan yang dapat berkontribusi serta berlaga di ajang menembak nasional maupun internasional untuk mengharumkan nama Indonesia.

  • Cara Daftar Anggota PERBAKIN

Beberapa individu yang berminat menggeluti hobi menembak terkadang belum tahu cara daftar anggota PERBAKIN. Mendapatkan kartu anggota perkumpulan ini sebenarnya dapat dilakukan dengan beberapa cara, antara lain:

  1. Anda dapat meminta informasi lengkap mengenai keanggotaan dengan menghubungi Pengurus Daerah atau Pengurus Cabang PERBAKIN di sekitar lingkungan
  2. Anda tidak bisa langsung daftar anggota PERBAKIN secara langsung. Untuk ini, Anda wajib terlebih dahlu menjadi anggota klub menembak setempat dengan memenuhi persyaratan keanggotaan klub yang akan diikuti. Anda baru bisa mendaftar sebagai anggota resmi PERBAKIN setelah satu tahun menjadi member klub menembak tertentu
  3. Cara daftar anggota PERBAKIN ini dimulai dengan pemenuhan syarat-syarat sebagai berikut:
  • Usia pendaftar minimal harus 14 tahun (untuk Bidang Tembak Sasaran) dan minimal 21 tahun (untuk Bidang Berburu)
  • Mengisi formulir pengajuan Kartu Tanda Anggota (KTA) yang telah disetujui oleh ketia Klub, Ketua Pengurus Cabang, serta Ketua Pengurus Provinsi PERBAKIN yang telah diketik rapi
  • Melampirkan fotocopy KTP yang masih berlaku
  • Melampirkan pas foto berwarna berlatar belakang warna merah dengan ukuran 3×4 (4 lembar) dan 4×6 (4 lembar)
  • Melampirkan foto copy SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) yang masih berlaku
  • Melampirkan surat keterangan sehat secara jasmani maupun rohani dari dokter
  • Melampirkan keterangan sebagai atlet atau SK keanggotaan dari pengurus bagi anggota yang mendaftar sebagai anggota Bidang Tembak Sasaran
  • Melampirkan fotocopy sertifikat Pelatihan Dasar Berburu jika Anda ingin mendaftar sebagai anggota Bidang Berburu
  • Melampirkan fotocopy sertifikan Pelatihan Tembak Reaksi jika ingin mendaftar sebafau anggota Bidang Tembak Reaksi
  1. Anda dapat langsung mengajukan berkas keanggotaan jika telah memenuhi syarat tersebut ke Pengurus Daerah
  2. Pengurus Daerah nantinya akan mengirim berkas pendaftaran Anda ke Pengurus Besar (PB) PERBAKIN
  3. Anda yang telah mengikuti prosedur cara daftar anggota PERBAKIN hanya perlu menunggu review dan keputusan dari PB PERBAKIN. Apabila dirasa layak, Anda akan mendapatkan Kartu Tanda Anggota yang telah ditandatangani oleh Ketua Umum PERBAKIN dengan masa berlaku selama 2 tahun
  4. Anda wajib melakukan perpanjangan keanggotaan setelah masa berlaku habis dengan memenuhi persyaratan tertentu

Anda yang telah mengikuti cara daftar anggota PERBAKIN dan telah mendapatkan Kartu Tanda Anggota dapat menggunakannya untuk keperluan hobi. Anda dapat menunjukkan kartu tersebut sebagai syarat pembelian senjata ataupun peluru. Kartu Anggota itu juga dapat digunakan untuk mengikuti lomba maupun kejuaraan tertentu.

PERBAKIN sebagai organisasi olahraga menembak di Indonesia tidak hanya berfungsi sebagai sebuah wadah untuk pecinta seni penuh tantangan satu ini. Wadah tersebut juga menjadi sebuah alat untuk mengontrol peredaran senjata api di Indonesia sehingga tidak sembarangan orang dapat memilikinya tanpa persayaratan tertentu. PERBAKIN dalam perkembangannya memiliki lisensi khusus terhadap seluruh senjata api resmi yang beredar di Indonesia. Proses penjualan dan pembelian senjata api harus mendapat pengawasan dari PERBAKIN sehingga tidak jatuh ke tangan yang salah.

PERBAKIN  menerapkan aturan cukup ketat bagi setiap anggota. Hal ini penting dilakukan sebab senjata api bukanlah sesuatu yang bisa dianggap remeh. Apabila disalahgunakan, penggunaan senjata api dapat menjadi sangat berbahaya bagi diri sendiri maupun orang lain.

PERBAKIN yang dibagi menjadi tiga cabang olahraga memiliki aturan tersendiri bagi setiap anggotanya. Anda yang bergabung sebagai anggota PERBAKIN untuk cabang berburu misalnya, harus mematuhi kode etik perburuan yang telah diterapkan. Anda wajib menjalankan cara berburu yang sesuai dengan aturan serta tidak menyia-nyiakan hasil buruan. Metode pemburuan yang dilaksanakan juga wajib menggunakan cara tertentu sehingga tembakan dapat mengenai sasaran dengan tepat tanpa menimbulkan penderitaan.

Hal serupa juga wajib dipenuhi untuk cabang olahraga Tembak Sasaran dan maupun Tembak Reaksi. Setiap anggota yang terdaftar dalam keanggotaan dua cabang ini wajib lulus dari Pelatihan maupun Penataran tentang dasar menembak dengan baik agar dapat mengimplementasikannya dengan benar. Apabila kode etik maupun aturan yang telah ditetapkan PERBAKIN dilanggar, maka tidak menutup kemungkinan kartu keanggotaan dapat dicabut kembali.

Cara daftar PERBAKIN yang cukup rumit dengan peraturan ketat tentunya dibuat sebagai salah satu bentuk pencegahan agar peredaran dan penggunaan senjata api di Indonesia dapat dikontrol serta tidak membahayakan. Jadi, apakah Anda tertarik menjadi salah satu anggotanya? Hmmm, sound challenging huh!



Artikel Terkait :

Kirim Komentar

%d blogger menyukai ini: