≡ Menu

Tips Agar Game Tidak Lag di PC

Cara Agar Game Tidak Lag di PC – Bagi Anda yang hobi bermain game di PC atau laptop, memilih perangkat dengan spesifikasi tinggi merupakan suatu hal yang diidamkan. Namun masalahnya, PC ataupun laptop yang berspesifikasi tinggi juga memiliki harga yang tak kalah tinggi sehingga banyak para gamer yang terpaksa gigit jari dan menggunakan PC atau laptop low spek untuk memenuhi hobi mereka. Lag atau patah-patah saat memainkan sebuah game pun sering terjadi dan hal ini yang sering membuat para gamer merasa kesal sehingga memikirkan cara agar game tidak lag di PC mereka lagi.

Lag ini sendiri terjadi akibat kurang memadainya kapasitas RAM pada PC seperti berukuran tidak cukup besar atau bisa juga dikarenakan terjadi crush akibat perangkat lunak terlalu banyak memakan memori pada PC. Nah, karena memori tadi sudah melebihi batas saat menjalankan suatu program, akhirnya program tersebut menjadi terlambat saat menerima perintah sehingga berakibat timbul patah-patah ketika pengguna menjalan program atau game tertentu. Agar kendala tersebut tidak terjadi, mari kita simak tips cara mengurangi lag saat bermain game di PC sebagai berikut:

  1. Hapuslah event log yang ada pada Windows

Daftar kegiatan yang dijalankan oleh sistem atau mungkin lebih akrab disebut dengan event log ternyata bisa menghambat jalannya PC Anda yang semula baik-baik saja hingga akhirnya lambat. Event log yang dibiarkan terus menerus menumpuk, tentu bukanlah cara agar game tidak lag di PC yang direkomendasikan melainkan dengan cara menghapus event log. Cara ini sangat kompatibel bagi Anda pemakai Windows XP, Windows 7, atau Windows 8 karena pengguna hanya perlu membuka program yang sudah tersedia di dalam sistem.

clear-log

  • Pilih Control Panel yang ada dalam menu Start.
  • Ketikkan “Administrative Tools” pada kotak pencarian, lalu klik Administrative Tools.
  • Setelah itu akan muncul list dan double klik Event Viewer.
  • Pada kolom sebelah kiri, pilihlah Windows Logs.
  • Setelah Windows Logs dipilih, klik kanan Application dan pilih Clear Log.
  • Sesaat setelah memilih Clear Log, akan muncul kotak dialog lalu pilih Clear.
  • Apabila Anda sudah melakukan Clear Log pada Application, ulangi langkah tadi pada System dan juga Security.
  1. Berhentilah membuka software lain dalam waktu bersamaan

Ketika Anda akan memutuskan bermain game, maka hentikan kebiasaan untuk membuka software atau aplikasi lain di saat yang bersamaan. Sebagai contohnya, Anda akan bermain sebuah game pada PC, akan tetapi Anda juga membuka browser, Word, atau bahkan game lain dalam waktu bersamaan dan terus terlarut dalam dunia game. Nah, jika lag terjadi pada PC maka jangan salahkan siapa-siapa karena Anda lah yang salah dalam posisi tersebut. Lag terjadi karena kinerja CPU menjadi terbagi-bagi untuk game ataupun untuk aplikasi lainnya sehingga mengakibatkan keterlambatan penerimaan perintah pada perangkat lunak. Jadi, salah cara agar game tidak lag di Windows 7, 8, ataupun XP adalah dengan tidak membuka game dan software lain secara bersamaan.

  1. Lakukanlah secara berkala: update graphics driver!

Cara mengatasi lag di game PC lainnya yang jarang dilakukan adalah selalu memperbarui graphics driver secara berkala. Apakah hal tersebut memang perlu dilakukan? Tentu saja perlu, wajib malah. Hal ini dikarenakan setelah diperbarui, kualitas dari grafik pada layar monitor akan terus membaik, jadi jangan sampai Anda melewatkannya.

Upgrade-driver

Tapi, bagaimana jika spesifikasi pada PC rendah dan Anda harus pikir ulang jika ingin memperbarui graphic driver? Jika terpaksa demikian, maka sebagai bentuk “pertolongan” untuk menghindari lag pada PC saat main game adalah dengan mengatur setelah graphic game menjadi low. Jika Anda sudah menurunkan kualitas graphic pada game, maka secara otomatis sistem pada game akan langsung menyesuaikan perintah dengan menurunkan kualitas gambar dan meningkatkan perfoma permainan. Namun, perlu Anda ingat, cara agar game tidak lag di PC tadi hanya disarankan pada PC yang memiliki spesifikasi di bawah ketentuan minimum game tersebut.

  1. Dinginkan-lah CPU ketika panas

Ketika sedang asyik memainkan game, sering pengguna tidak menyadari bahwa keasyikan tersebut bisa mengakibatkan CPU menjadi sangat panas. Permainan game “berat” yang kita ketahui seperti Fallout 4, GTA 5, dan game “berat” lainnya yang kelihatannya menyenangkan, tapi siapa sangka yang paling cepat membuat panas CPU. Jika CPU Anda mulai panas tinggi, maka jangan kaget jika tiba-tiba permainan terganggu akibat terjadinya lag.

Apabila Anda tidak ingin CPU panas, maka periksalah sesekali dengan meraba serta merasakan panas pada area CPU dan jika terasa sangat panas, maka segera hentikan permainan hingga sedikit mendingin. Kalau Anda merasakan cara tersebut cukup merepotkan, ada juga tips untuk memperlambat panas pada area CPU yaitu dengan memasang heatsink atau cooling pad. Dengan demikian, Anda bisa bertahan sedikit lebih lama dari gangguan lag saat bermain game kesayangan.

  1. Jangan habiskan ruang pada harddisk

Apabila Anda berpikir bahwa harddisk hanya berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan perangkat lunak atau data saja, maka pikiran tersebut adalah salah besar. Harddisk pada setiap PC bisa disebut sebagai “ruang gerak” untuk perangkat lunak yang sedang dibuka atau pun sedang bekerja. Bayangkan saja jika Anda harus bergerak pada ruang yang sempit, tentu sangat tidak menyenangkan, bukan? Sama halnya dengan harddisk, semakin Anda menyisakan ruang di dalamnya, maka akan semakin leluasa pergerakan dari perangkat yang sedang berjalan.

Nah, jika lebih leluasa bergerak, maka lag akan jarang terjadi sehingga tidak akan menghambat keseruan Anda dalam memainkan game. Jadi, jika Anda melihat harddisk sudah mulai memerah, maka segera periksa dan hapus data yang dirasa kurang penting atau jika tidak ingin menghapusnya, segera pindahkan ke perangkat penyimpanan lainnya.

  1. Pasanglah game booster

Apabila cara-cara mengatasi game lag pada PC tersebut masih terasa merepotkan untuk diterapkan, maka Anda bisa mencoba untuk mengunduh game booster yang ada di situs-situs resmi. Perangkat lunak tersebut bekerja dengan cara menghentikan aplikasi yang masih berjalan di background dan juga menghentikan layanan non-Windows yang biasanya memakan banyak ruang pada RAM.

game booster pc

 

Memasang game booster juga akan meningkatkan performa pada sistem, lebih memusatkan kinerja CPU pada game yang sedang berjalan, dan juga mengurangi lag yang biasa timbul ketika kita memainkan game biasa maupun game “berat”. Jadi, perangkat lunak ini bisa menjadi rekomendasi yang pas sebagai tips mengatasi game lag pada PC bagi gamer sejati.

Cara agar game tidak lag pada PC tersebut memang bisa sangat efektif baik untuk PC dengan spesifikasi tinggi atau pun sedang jika Anda menjalankannya sesuai dengan aturan. Sekali lagi, periksa ketersediaan ruang pada harddisk dan juga pasanglah “pendingin” CPU untuk mencegah terjadinya lag yang akan menghambat keseruan Anda saat bermain. Bagi pemilik PC dengan spesifikasi tinggi, tips tersebut juga bisa coba untuk diterapkan agar PC dapat bekerja secara maksimal dan menghasilkan performa yang apik serta pengalaman bermain game yang menyenangkan. Selamat mencoba!



Artikel Terkait :

Kirim Komentar

%d blogger menyukai ini: