≡ Menu

Apa Itu Internet Marketing (Materi Pembelajaran)

Apa Itu Internet Marketing (Materi Pembelajaran) – Internet sejak kelahirannya di tahun 1969 hingga kini terus mengalami perkembangan dan telah mengalami perubahan pesat dari waktu ke waktu. Bagi peradaban manusia, Internet saat ini telah menjadi bagian dalam proses interaksi antara manusia yang mampu menembus batas wilayah, negara, bahkan benua. Di Indonesia sendiri, Internet telah dikenal sejak awal tahun 1990-an yang bermula dari lingkungan pendidikan. Saat ini internet relah masuk hampir ke semua sisi kehidupan dan sudah menjadi aktifitas keseharian bagi sebagian besar masyarakat Indonesia dan dunia pada umumnya. Data pengguna Internet di Asia pada tahun 2009 yang diperoleh dari InternetWorldStats menunjukkan Indonesia berada pada urutan ke 4 dengan negara dengan jumlah pengguna Internet terbesar di Asia, yaitu 3 Milyar pengguna.

Internet hadir dengan menawarkan berbagai kelebihan yang dimilikinya, terutama dalam hal efektifitas dan efisiensi dalam membantu proses komunikasi. Saat ini internet telah memposisikan diri sebagai media komunikasi yang dapat membantu manusia untuk dapat berinteraksi satu sama lain tanpa adanya batasan waktu dan ruang. Dengan internet, komunikasi antar negara, bahkan antar benua dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Keberadaan Internet tentunya juga dapat mendukung aktifitas bisnis sehingga mampu memberiakan kontribusi yang positif bagi perkembangan dunia bisnis itu sendiri.

asia-top-10-internet

Tidak hanya memberiakan manfaat dan kontribusi yang positif bagi dunia bisnis, internet juga mampu menjadi media komunikasi dalam interaksi manusia sehari-hari, atau yang lebih dikenal dengan aktifitas begaul oleh kalangan muda-mudi. Internet memungkinkan orang yang memiliki hobi yang sama, pekerjaan yang sama, ketertarikan yang sama dapat berkumpul dengan mudah. Di Internet bermunculan bebagai komunitas mulai dari hobi, pekerjaan, game, atau topik tertentu.

Internet merupakan komunitas dan pasar global yang mendunia. Di mana setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk dapat bergaul dan berinteraksi dengan banyak orang dari segala belahan dunia ini, serta untuk berbisnis memasarkan produknya ke seluruh dunia.

Internet Sebagai Media Bergaul

Keberadaan internet sebagai media bergaul semakin kokok dengan bermunculannya situs jejaring sosial, yang semakin hari semakin digemari dan digandrungi di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Sebut saja diantaranya yang paling populer antara lain: Facebook, Twitter, Part, dan Instagram. Dua jejaring sosial Facebook dan Twitter saat ini menjadi yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Dan jika belum memiliki kedua akun jejaring sosial ini rasanya kurang gaul dan ketinggalan jaman.

Kehadiran situs jejaring sosial memang memiliki peran dalam hal meningkatkan interaksi kehidupan secara sosial antara sesama manusia. Seperti diketahui saat ini sebagian orang yang tinggal di kota besar dengan aktifitas kesibukan yang tinggi terkesan individualistis, dikarenakan kurangnya waktu yang dimilikinya untuk dapat bersosialisasi secara langsung. Oleh karena itu, dengan hadirnya situs jejaring sosial maka kita dapat menjalin kembali hubungan interaksi sosial dengan sahabat lama, keluarga, serta rekan kerja, dan tidak menutup kemungkinan untuk menambah sahabat baru, kapan pun, di mana pun, dan dari negara mana pun.

Internet Sebagai Media Berbisnis

Terkait dengan peran internet sebagai media berbisnis, maka dalam perkembangannya lahirlah istilah “Internet Marketing” dan “Promosi Online”. Dalam hal marketing dan promosi, internet memiliki kelebihan antara lain:

  • Jumlah pengguna Internet yang terus meningkat dari tahun ke tahun, sehingga pangsa pasar yang ada di Internet semakin hari tentunya semakin besar.
  • Produk yang dipasarkan di Internet dapat diakses dari seluruh dunia, oleh siapa saja, kapan saja, dan dimana saja.
  • Aktifitas di Internet berjalan 24 jam non-stop, sehingga produk yang dujual dapat dipasarkan tanpa batasan waktu.
  • Dengan internet, memungkinkan kita untuk melayani banyak calon pembeli atau pelanggan delam waktu yang bersamaan.
  • Biaya yang dikeluarkan cenderung lebih kecil jika dibandingkan dengan melakukan hal yang sama namun dilakukan secara kovensional (offline), seperti harus membuka cabang di banyak tempat, atau membayar pegawai untuk menjaga toko selama 24 jam, belum lagi waktu yang diperlukan untuk melayani banyak pelanggan dan lain-lain.

Dalam artikel ini akan dibahas Apakah Itu Internet Marketing dan bagaimana menggunakan internet sebagai media untuk bergaul dan berbisnis yang dapat mendukung satu sama lain. Ibarat pepatah mengatakan “Sekali Mendayung dua tiga pulau terlampaui”, sehingga anda nantinya dapat eksis di kehidupan sosial sekaligus mendapatkan profit pula dari berbisnis yang anda kelola dan jalankan.

Dua hal yang harus kita pahami untuk menjalankan aktifitas bisnis di Internet adalah Internet Marketing dan Promosi Online. Dalam ilmu marketing telah dikenal marketing-mix, yaitu empat komponen pemasaran yang terdiri dari 4P, antara lain:

  • Product (produk)
  • Price (harga)
  • Place (tempat)
  • Promotion (promosi)

four_principles_of_the_mark

Teori marketing-mix seperti 4P diatas pada dasarnya juga berlaku di dalam internet marketing. Namun tentunya harus disesuaikan dengan karakteristik dari internet marketing itu sendiri. Bagaimana membuat suatu produk atau jasa dapat di jual melalui internet, kemudian menentukan harga yang sesuai dan kompetitif agar laku dijual di internet. Lalu membuat tempat (wadah) berupa website atau blog untuk menjual produk atau jasa yang dipasarkan, serta melakukan kegiatan promosi online untuk memaksimalkan penjualan produk kita melalui media internet. Pada artikel berikut ini akan lebih menitik beratkan kepada duahal terakhir dalam 4P (marketing-mix) yaitu place dan promotion. Terkait dengan place akan dibahas bagaimana cara membuat website interaktif dengan mudah melalui blog. Kemudian terkait dengan promosi (promotion) akan dibahas bagaimana memaksimalkan usaha promosi online melalui blog dan jejaring sosial, seperti Facebook dan Twitter yang saat ini menjadi jejaring sosial paling populer di dunia.

Apakah itu Internet Marketing?

Internet marketing (e-marketing) dapat diartikan sebagai sesuatu usaha yang dilakukan untuk melakukan pemasaran suatu produk atau jasa menggunakan media Internet. Kata “e” dalam e-marketing itu dapat diartikan sebagai elektronik (electronic) yang artinya kegiatan pemasaran yang dilakukan secara elektronik, yang dalam hal ini melalui media internet. Dengan munculnya teknologi internet, maka banyak muncul istilah baru yang menggunakan awalan “e”, seperti misal: e-marketing, e-commerce, e-mail, e-bussines, e-government, e-society, e-learning, dll.

Sama seperti pemasaran konvensional, aktifitas yang di lakukan pada internet marketing pada umumnya meliputi hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan produk periklanan, pencarian prospek (calon pembeli/pelanggan), serta penulisan kalimat-kalimat pemasaran (copywriting). Adapun tehnik-tehnik yang umumnya di gunakan pada internet marketing meliputi pembuatan website/blog (Web development), promosi melalui banner di website milik orang lain (Banner/Link exchange), promosi melalui optimalisasi mesin pencari informasi (search engine optimization SEO), promosi melalui e-mail (email advertising), pemasaran melalui sistim afiliasi (affiliate  marketing), serta iklan interaktif (interactive advertising).

[the_ad id=”1187″]

Para pelaku internet marketing harus memiliki banyak strategi dalam rangka menjual produk atau jasa yang mereka pasarkan. Salah satu strategi yang paling umum untuk di gunakan adalah CTPM (yang di populerkan oleh Ken Evoy) kepanjangan dari : Content, Traffic, Pre-sell, dan Monetize. Perlu kita ketahui, bahwa pada dasarnya internet marketing yang berhasil di tunjang oleh cukupnya informasi yang di berikan kepada calon pembeli, dalam hal ini para pengguna internet, akan produk yang kita pasarkan. Oleh karena itu hal terpenting yang harus di lakukan oleh para pelaku internet marketing adalah memberikan informasi yang lengkap dan sejelas mungkin, terkait dengan produk atau jasa yang di pasarkan. Hal penting selanjutnya adalah bagaimana mendatangkan pengunjung sebanyak-banyaknya untuk melihat informasi yang telah kita buat sebelumnya. Untuk mendukung dua hal tersebut diperlukan tehnik branding, yaitu sebuah tehnik untuk membuat kesan indah atau menarik atas produk atau jasa yang telah kita pasarkan. Hal penting terakhir adalah memastikan kita dapat melakukan proses Penjualan dari produk atau jasa yang kita pasarkan.

Source : seopractice.org

Apa itu Promosi Online?

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, salah satu hal penting dalam marketing-mix adalah teknik promosi. Jika produk atau jasa yang kita pasarkan ingin dikenal atau diketahui oleh calon pembeli secara luas, maka mau tidak mau kita harusmengeluarkan biaya promosi. Promosi sendiri secara teori dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu:

  • Above The Line, yang dapat diartikan sebagai kegiatan promosi dengan menggunakan media, seperti iklan di TV, Iklan di radio, Iklan di majalah dan koran.
  • Below The Line, yang dapat diartikam sebagai kegiatan promosi dengan melakukan aktifitas, seperti mengikuti pameran, mengadakan roadshow, melakukan test produk, dll.

Dengan meningkatnya persaingan usaha di dunia bisnis, logikanya di butuhkan biaya promosi yang cukup besar agar produk atau jasa yang kita pasarkan dapat dikenal dengan baik oleh masyarakat atau kalayak umum. Bahkan ada pendapat yang mengatakan semakin besar biaya yang dikeluarkan untuk promosi maka semakin terkenal produk atau jasa tersebut, yang tentunya akan meningkatkan penjualan produk atau jasa yang kita pasarkan. Namun tidak semua penjual, mungkin termasuk kita didalamnya, yang memiliki anggaran besar untuk melakukan promosi.

Tapi jangan menyerah dengan keadaan tersebut, karena anggapan diatas tidak sepenuhnya benar. Karena jika kita mampu memilih atau menentukan media promosi yang tepat, dan tentunya hemat biaya, maka hal tersebut menjadi sesuatu lelebihan sehingga kita dapat mencapai keadaan di mana produk atau jasa yang kita tawarkan itu dapat terkenal secara umum, bahkan ke seluruh pelosok dunia, dengan target pasar yang sesuai tanpa perli mengeluarkan biaya promosi yang besar. Kunci jawabannya adalah dengan melakukan promosi online, yaiyu melakukan kegiatan promosi dengan menggunakan media Internet. Terdapat beberapa keuntungan yang dapat diperoleh jika kita melakukan strategi promosi online, antara lain:

  • Jangkauan Glonal Seluruh Dunia – Jika kita melakukan promosi online, misalkan dengan membuat website/blog, maka web/blog produk atay jasa kita dapat diakses oleh seluruh pengguna Internet dunia.
  • Jangka Waktu Kegunaan  yang Lebih Lama – Selama website atau blog kita dalam keadaan aktif, maka produk atau jasa kita dapat di akses selama 24 jam nonstop dan dapat diakses secara bersamaan dalam waktu yang sama oleh banyak pengguna sekaligus.
  • Informasi yang di Sampaikan Lengkap –  Kita dapat menjelaskan produk atau jasa yang kita pasarkan dengan lebih jelas dan lengkap jika kita menggunakan website atau blog sebagai media promosi. Kita dapat mencantumkan profil perusahaan, seluruh harga serta paket produk atau jasa yang kita tawarkan, informasi mengenai program diskon, dan masih banyak informasi lainnya tanpa dibatasi area dan biaya promosi.
  • Membangun Database Pelanggan – Dengan menggunakan sarana e-mail, kita dapat membuat database pelanggan, sehingga akan memudahkan kita dalam memberikan informasi mengenai produk atau jasa terbaru yang kita tawarkan.
  • Biaya Lebih Murah dan Hemat – Promosi online akan jauh lehih murah dan hemat jika dibandingkan dengan promosi offline (konvensional).

Kiat Sukses Internet Marketing dan Promosi Online

Ilmu internet marketing dan promosi online memiliki karakteristik yang hampir mirip dengan marketing dan promosi offline secara umum, namun keduanya tetap memiliki perbedaan dan karakteristik unik sendiri, terutama terkait dengan media yang digunakannya. Bagi sebagian orang mungkin terpikir bahwa melakukan internet marketing dan promosi online itu merupakan suatu hal yang sulit. Pernyataan tersebut tidak sepenuhanya benar, kuncinya adalah memiliki keinginan untuk sukses dalam bisnis yang sedang kita jalani saat ini maka intenet marketing dan promosi online dapat menjadi salah satu faktor pendukung penting dalam kesuksesan bisnis kita. Berikut ini adalah 10 kiat sukses dalam melakukan internet marketing dan promosi online.

1. Komitmen

Hal pertama, dan merupakan hal yang paling utama, saat kamu memutuskan untuk memasuki dunia bisnis di internet adalah komitmen. Perlu di ingat, bukanlah suatu hal yang mudah untuk mendapatkan hasil yang di inginkan secara cepat saat kita mencoba melakukan apa yang di sebut dengan internet marketing dan promosi online. Berdasarkan pengalaman, penulis membutuhkan waktu setidaknya 1 sampai dengan 3 bulan untuk benar-benar merasakan hasil dari internet marketing dan promosi online yang dilakukan. Dengan memiliki komitmen, langkah selanjutnya kita harus memiliki perencanaan yang matang dan terarah tentang strategi dari internet marketing dan promosi online yang akan kita lakukan. Semakin tinggi komitmen kita dalam melakukan internet marketing dan promosi online, akan semakin dekat tingkat kesuksesan yang ingin kita capai. Tanamkan komitmen itu dalam diri kita sekarang juga dan jaga agar tetap selalu ada.

2. Kemampuan

Internet merupakan suatu hal yang baru bagi sebagian orang, mungkin tak terkecuali bagi kita sekalipun. Namun jangan berkecil hati dahulu, karena internet di buat memang untuk memudahkan aktifitas yang akan kita lakukan. Aplikasi atau program yang digunakan di internet dibuat semudah mungkin supaya dapat digunakan, bahkan oleh orang yang awam akan internet sekalipun. Kita hanya perlu sedikit waktu untuk mencoba dan memahami cara kerja suatu aplikasi di internet. Kemampuan kita dalam menguasai teknologi aplikasi yang tersedia di internet akan berbanding lurus dengan kesuksesa kita dalam melakukan internet marketing dan promosi online. Satu hal yang menarik adalah internet merupakan gudang informasi yang melimpah, sehingga kita dengan mudah dapat menemukan panduan, tutorial, dan cara kerja dari suatu aplikasi yang mendukung internet marketing dan promosi online yang kita lakukan. Kita dapat menggunakan bantuan mesin pencari (search engine), seperti Google, Yahoo, atau Bing untuk mencari dan menemukan informasi yang kita inginkan. Semakin tinggi kemampuan kita dalam menguasai suatu aplikasi internet, maka kita dapat semakin efisien dan efektif dalam menjalankan internet marketing dan promosi online. Selain itu, hal penting lainnya adalah ada baiknya kita juga bergabung dengan komunitas online yang membahas mengenai bisnis internet, terutama dalam hal internet marketing dan promosi online. Beberapa contoh komunitas yang dapat kita ikuti misalnya komunitas lokal Adsense-id, Komunitas International DigitalPoint, Serta komunitas terbesar di Indonesia yaitu Kaskus. Banyak manfaat yang akan kita peroleh dengan bergabung di komunitas tersebut.

3. Kepercayaan

Salah satu perbedaan yang sangat terlihat antara media internet dengan media konfensional adalah dalam hal interaksi. Di internet interaksi antar orang yang satu dengan yang lainnya di lakukan tanpa adanya pertemuan kontak fisik secara langsung, namun hanya dilakukan secara virtual. Oleh karena itu, agar komunikasi bisnis dapat dilakukan dengan baik maka membangun kepercayaan dalam berbisnis di Internet merupakan suatu kewajiban. Tanpa kepercayaan maka bisnis kita di Internet tidak dapat dilakukan dengan lancar. Kepercayaan itu sendiri dibangun dengan cara melakukan bisnis dengan benar dan jujur. Di internet, informasi bisa didapatkan dengan sangat mudah dan cepat menyebar. Ketika kita menanam benih reputasi berbisnis yang baik, maka hal itu akan membangun kepercayaan orang terhadap bisnis kita. Jadi jangan mencoba melakukan hal yang dapat merusak reputasi bisnis kita, karena hal itu tentunya akan merusak kepercayaan orang terhadap bisnis kita.

4. Kredibilitas

Jika kita sudah berhasi membangun kepercayaan dan terus belajar untuk meningkatkan kemampuan secara teknis dalam menguasai teknologi aplikasi intenet, hal lain yang perlu dilakukan adalah menunjukan kepada khalayak umum tentang kredibilitas kamu. Tujukkan kemampuan, kelebihan, dan kekuatan yang kita miliki dalam bidang bisnis yang sedang kita jalani itu. Jika orang lain sudah yakin terhadap kredibilitas kita, maka bukanlah hal yang sulit untuk mendapatkan tingkat penjualan yang tinggi atas produk atau jasa yang kita tawarkan.

5. Konten

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, bahwa dunia internet adalah dunia informasi, maka bagaimana caranya kita mengelola konten dari website atau blog yang kita miliki juga sangat memperngaruhi kinerja serta hasil dari internet marketing dan promosi online yang kita lakukan. Selalui perbarui atau update konten yang kita sajikan dalan web dengan informasi terbaru. Perkaya website atau blog kita dengan informasi yang jelas dan lengkap, tambahkan dengan gambar, dan video yang tepat agar lebih menarik dan interaktif jika diperlukan. Konten di Internet ibarat nyawa bagi Website atau Blog kita, tanpa konten yang menarik dan up-to-date maki website kita ibarat mati suri, aktif namun sepepi dari pengunjung.

6. Kata Kunci

Fokus terhadap suatu bidang dalam dunia bisnis merupakan suatu hal yang baik dan benar, karena orang akan melihat spesialisasi kita terhadap bidang bisnis tersebut. Begitupun halnya di internet, kita harus menentukan kata kunci yang tepat yang akan kita gunakan sebagai kekuatan dari internet marketing dan promosi online yang kita lakukan. Fokuslah terhadap kata kunci (keyword atau nice) tersebut gunakan kata kunci yang biasa digunakan kebanyakan orang untuk dapat menemukan produk atau jasa yang di jual. Perlu diketahui bahwa sebagian besar pengguna internet (calon pembeli) menggunakan bantuan mesin pencari seperti google, yahoo, dan bing untuk dapat menemukan apa yang mereka cari. Kemudian mesin pencari akan menggunakan kata kunci yang dimasukkan oleh pengguna internet tersebut untuk menemukan informasi yang di cari oleh mereka. Pilih dan tentukan kata kunci terbaik yang menggambarkan bisnis serta produk atau jasa yang kita tawarkan.

7. Kecepatan

Jika kita bersaing di internet, kita tidak hanya bersaing dengan pesaing bisnis lainnya, namun kita juga bersaing dengan waktu, semakin cepat kita memberikan informasi dan pelayanan yang baik terhadap calon pembeli, maka semakin besar pula peluang untuk dapat melakukan penjualan produk atau jasa kita. Selain kecepatan dalam memberikan informasi, kita juga memerlukan koneksi internet yang cepat dan tangguh. Jangan sampai kita kehilangan calon pembeli atau pelanggan hanya karena kalah cepat dalam memberikan penawaran dengan pesaing kita, atau hanya karena koneksi internet kita yang lemot (lambat). Saat ini di Indonesia sudah tersedia paket internet berkecapatan tinggi dengan beragam harga yang di tawarkan.

8. Kolaborasi

Jika kita sudah mengetahui, memahami, dan menguasai tentang faktor-faktor dan hal hal yang penting dalam intenet marketing dan promosi online maka hal selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah menggabungkan semua sumber daya yang kita miliki tersebut dalam suatu kolaborasi yang baik. Buat semuanya menjadi sinergi satu sama lain agar dapat memberikan dukungan penuh terhadap kesuksesan bisnis kita.

9. Konsistensi

Seberapa lama kamu bertahan menjalani bisnis Internet marketing ini sangat berpengaruh terhadap tingkat kepercayaan dan kredibilitas kita. Hal lain yang diperlukan adalah konsistensi dan kontinuitas dalam melakukan strategi dan langkah-langkah yang kita lakukan dalam internet marketing ini. Kita tidak dapat melakukannya hanya dalam sekali saja kemudian mengharapkan hasil yang baik dari bisnis ini. Kita hanya akan memperoleh hasil yang maksimal dan terbaik jika kita melakukannya secara rutin dan terus menerus.

10. Keuntungan

Jika semua hal tentang internet marketing dan promosi online telah di lakukan dengan baik dan benar, maka kita tinggal memetik hasil dari benih yang sudah kita tanam sebelumnnya. Tujuan dari internet marketing dan promosi online yang kita lakukan adalah bagaimana dapat menjual produk dan jasa yang kita tawarkan. Jika kita telah berhasil melakukan penjualan sesuai dengan target penjualan, maka keuntungan tentu saja sudah berada dalam genggaman kita.

Kirim Komentar

%d blogger menyukai ini: