≡ Menu

Cara Daftar BPJS Kesehatan Offline dan Online, Bebas Pilih!

Cara daftar BPJS –  Apakah Anda pernah mendengar salah satu program pemerintah Indonesia bernama BPJS? Lembaga yang merupakan singkatan dari “Badan Penyelenggara Jaminan Sosial”  ini merupakan sebuah wadah yang dibangun dalam rangka mewujudkan salah satu misi nasional untuk memberikan pemeliharaan sekaligus perlindungan kesehatan kepada setiap warga negara menuju Indonesia Sehat.

BPJS yang  dalam perkembangannya memiliki mekanisme serupa asuransi pada dasarnya berfungsi sebagai investasi sekaligus tabungan untuk mendapatkan perawatan ataupun perlindungan kesehatan. Pemerintah Indonesia dalam kaitannya menuju Indonesia Sehat menargetkan dan memberi kewajiban agar seluruh penduduknya telah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan paling lambat 1 Januari 2019 nanti.

Misi mencapai target 2019 yang diikuti oleh berbagai jaminan kesehatan bagi pesertanya membuat banyak orang berbondong melakukan pendaftaran. Sayangnya, beberapa individu kurang mengerti  cara daftar BPJS kesehatan perorangan maupun kolektif sehingga mereka kebingungan. Untuk mengatasi kebingungan ini, tim redaksi telah menyusun langkah cara daftar BPJS terlengkap yang bisa dilakukan secara online maupun offline berikut ini:

  • Cara Daftar BPJS Online
BPJS-online

Contoh Formulir Pendaftaran BPJS Online

Anda yang tertarik mendaftar jaminan kesehatan masyarakat secara online ini dapat mengikuti  cara daftar BPJS berikut ini:

  1. Calon peserta BPJS harus terlebih dahulu menyiapkan berkas yang diperlukan untuk melakukan pendaftaran. Anda wajib menyiapkan beberapa hal, yaitu Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Kartu NPWP, serta alamat email dan nomor handphone yang aktif untuk melakukan konfirmasi. Anda perlu menyiapkan Kartu Keluarga karena cara daftar bpjs secara online dilakukan berdasarkan data dari dukcapil berdasarkan nomor kartu keluarga
  2. Anda bisa langsung tersambung ke Internet kemudian mengakses laman resmi BPJS melalui URL bpjs-kesehatan.go.id
  3. Calon peserta BPJS dapat langsung melihat ke sisi kiri menu utama untuk menemukan opsi Pendaftaran Online – e Registration yang langsung bisa diklik
  4. Anda yang telah mengklik menu pendaftaran akan dihadapkan pada lembar formulir peserta BPJS. Pastikan Anda membaca syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan sebelum mengklik opsi pendaftaran
  5. Anda tinggal memasukkan nomor Kartu Keluarga (KK) dan kode captca yang ada dalam laman tersebut
  6. Klik tombol “Inquery Kartu Keluarga”, maka situs akan secara otomatis menampilkan data seluruh anggota keluarga
  7. Anda tinggal klik opsi “Proses Selanjutnya
  8. Anda akan dihadapkan pada laman yang berisi formulir pendaftaran kartu BPJS.
  9. Calon peserta dapat langsung memasukkan nomor handphone yang masih aktif.
  10. Anda juhga harus memasukkan nomor NPWP sebagai salah satu persyaratan
  11. Anda tinggal memasukkan data yang diperlukan untuk kelengkapan pendaftaran, termasuk alamat rumah serta pemilihan fasilitas kesehatan (faskes) BPJS Kesehatan
  12. Anda perlu mengunggah foto dengan ukuran maksimal 50kb
  13. Anda tinggal mengklik tombol “Proses Selanjutnya”
  14. Masukkan data anggota keluarga pada formulir “Anggota Keluarga”
  15. Anda perlu memilih kelas perawatan yang terbagi menjadi tiga kelas khusus
  16. Anda dapat memasukkan nama dan nomor rekening tagihan
  17. Anda tinggal memasukkan alamat email, kemudian konfirmasi alamat tersebut
  18. Pada email yang telah didaftarkan, Anda akan mendapatkan pesan yang berisi tentang link
  19. Anda hanya perlu klik link tersebut untuk menampilkan laman aktivasi. Anda cukup memasukkan kode captca, kemudian memilih tombol “Aktivasi”
  20. Nomor Virtual Account akan muncul setelah melakukan aktivasi
  21. Anda selanjutnya hanya perlu melakukan pembayaran melalui Bank yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM) atau melalui teller secara langsung
  22. Anda yang telah melakukan pembayaran dapat kembali ke halaman aktivasi untuk melakukan pengaktifan sekali lagi
  23. Anda akan mendapatkan lembar e-ID yang berfungsi sebagai kartu jaminan sosial. Anda hanya perlu mencetak lembar e-ID yang bisa digunakan untuk mendapatkan berbagai fasilitas kesehatan

Cara daftar BPJS secara online ini merupakan sebuah terobosan yang cukup mudah terutama bagi Anda yang memiliki mobilitas cukup tinggi. Anda yang melakukan pendaftaran secara online tentunya tidak perlu membuang tenaga serta waktu untuk mendaftar secara manual.

  • Cara Daftar Bpjs Offline

Cara Daftar BPJS Kesehatan OfflineAnda yang memiliki aktivitas cukup padat mungkin lebih memilih cara daftar BPJS secara online, namun beberapa individu lebih memilih pendaftaran manual karena beberapa alasan tertentu. Anda yang ingin langsung mendaftar BPJS secara manual dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Anda perlu menyiapkan berkas yang diperlukan sebelum menuju ke kantor BPJS Kesehatan yang kurang lebih sama dengan berkas pendaftaran Jangan lupa untuk turut serta membawa fotocopy KTP dan KK sebagai salah satu persyaratan. Anda juga diwajibkan membawa pas foto 3×4 sebanyak 2 lembar.
  2. Anda yang telah membawa seluruh kelengkapan dapat langsung datang ke Kantor BPJS yang ada di sekitar tempat tinggal. Biasanya Anda perlu mengambil nomor antrian terlebih dahulu, plus lakukan antisipasi antrian panjang dengan daftar ke kantornya lebih pagi.
  3. Anda nanti akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran yang bisa didapatkan dikantor BPJS. Format formulir pendaftaran sendiri hampir serupa dengan form pendaftaran
  4. And aa yang telah mendaftar akan segera diminta melakukan penyetoran sejumlah uang ke Bank yang telah bekerjasama dengan BPJS, seperti BNI, BRI, ataupun Mandiri.
  5. Anda yang telah mendapatkan bukti penyetoran dapat langsung kembali kekantor BPJS untuk medapatkan kartu anggota.

Menjadi anggota BPJS Kesehatan tentu memberikan beberapa hal positif dalam peningkatan pelayanan kesehatan. Manfaat BPJS sendiri cukup banyak, termasuk pelayanan kesehatan tingkat pertama non spesialistik yang bisa digunakan ketika Anda terkena gangguan kesehatan. Perawatan ini sendiri mencakupi beberapa hal, seperti pelayanan preventif, pemeriksaan, konsultasi medis, pelayanan obat, transfuse darah, pemeriksaan penunjang diagnosis laboratorium tingkat pertama, dan rawat inap tingkat pertama.

Peserta BPJS juga bisa mendapatkan pelayanan rujukan tingkat pertama yang meliputi rawat jalan dan rawat inap. Peserta BPJS yang menjalani rawat jalan berhak atas beberapa fasilitas, seperti pemeriksaan dan konsultasi dokter spesialis, tindakan medis spesialistik, pelayanan alat kesehatan implant, rehabilitasi medis, pelayanan darah, pelayanan kedokteran forensik, hingga pelayanan jenazah di fasilitas kesehatan. Peserta rawat inap sendiri juga bisa mendapatkan beberapa fasilitas yang meliputi perawatan inap baik di ruang intensif maupun non intensif. Peserta BPJS juga bisa menikmati pelayanan kesehatan lain yang telah ditetapkan oleh menteri.

Menilik beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan tersebut tentunya menjadikan BPJS sebagai salah satu layanan yang patut masuk dalam daftar pertimbangan Anda. Kemudahan pilihan cara daftar BPJS baik secara online maupun offline tentunya juga menjadi salah satu nilai plus pada upaya pemerintah Indonesia untuk menghadirkan sebuah pelayanan kesehatan prima yang dapat memberikan perlindungan bagi masyarakatnya. Yuk, dukung program pemerintah untuk menjadikan seluruh penduduknya tercover jaminan kesehatan pada 2019 nanti ya.



Artikel Terkait :

Kirim Komentar

%d blogger menyukai ini: