≡ Menu

Top 5 Aplikasi Penghemat Baterai Android Terbaik

Aplikasi penghemat baterai Android terbaik – Siapapun tentu menginginkan baterai smartphone Android tahan digunakan seharian tanpa perlu kehabisan daya. Namun sayangnya tidak semua handset dapat bertahan dalam waktu cukup lama karena faktor penggunaan atau daya yang memang terlampau kecil.

Meski kehabisan daya baterai adalah suatu hal yang tidak dapat dipungkiri, tapi bukan berarti kamu diam lalu membiarkan tenaga handset habis secepat kilat. Faktanya Google Play Store menyediakan beberapa aplikasi penghemat baterai Android terbaik yang dapat diadu kekuatannya untuk menyelamatkan “hidup” handset kesayangan.

Apa saja sih aplikasi penghemat baterai Android paling ampuh? Berikut adalah ulasan selengkapnya untuk Android users:

  • Amplify (root only) 

AmplifyAmplify menjadi salah satu pilihan pintar bagi kamu yang ingin download aplikasi penghemat baterai yang bekerja cukup efektif. Amplify sendiri  hanya bisa digunakan untuk pengguna yang telah melakukan root pada handset karena hal tersebut dapat meningkatkan efektifitas penghematan.

Aplikasi penghemat batrei android root ini menyediakan cukup banyak fitur yang memungkinkan sobat memiliki kontrol penuh terhadap baterai handset. Amplify menyediakan layanan wake locks yang memungkinkan pengguna mengetahui aplikasi yang menyedot “usia” baterai. Aplikasi ini juga menyediakan fitur yang memungkinkan kamu mengontrol sebuah aplikasi dengan bebas.

Amplify yang dikembangkan oleh Ryan Steckler ini memiliki desain menarik namun tetap rapi sehingga sobat tidak akan kesulitan menggunakannya. Aplikasi yang bisa didapatkan secara gratis ini juga menyediakan versi Pro untuk kamu yang menginginkan servis plus-plus.

  • DU Battery Saver & Battery 

DU Battery Saver & Battery DU Baterai Saver menjadi salah satu aplikasi penghemat baterai android paling bagus yang dapat kamu jadikan referensi. Software satu ini telah digunakan oleh lebih dari 400juta pengguna di seluruh dunia untuk mengatasi masalah baterai sekaligus memperpanjang usianya.

Aplikasi penghemat baterai Android terbaik ini menjadi software yang harus sobat pasang dalam perangkat karena memiliki banyak fitur menarik, antara lain:

  • Memiliki layanan satu klik yang memungkinkan pengguna menghemat baterai tanpa ribet;
  • Memiliki pilihan mode baterai yang dapat disesuaikan dengan penggunaan harian;
  • Memiliki fitur cooler yang berfungsi memantau, mengelola, lalu mematikan aplikasi tertentu yang dianggap kurang diperlukan sehingga tidak hanya menghemat baterai namun juga memperpanjang usia CPU;
  • Memiliki widget task killer yang akan mengoptimalkan konsumsi daya dengan mudah untuk mengelola WiFi, mobile data, tingkat kecerahan layar, dan lain sebagainya.

DU Baterai Saver sebagai aplikasi baterai terbaik juga memiliki fitur pengisian pintar yang memungkinkan layar menampilkan status pengisian sekaligus memperkirakan sisa waktu pengisian secara akurat. Aplikasi ini sendiri bisa didapatkan secara gratis sehingga sobat tak perlu merogoh kocek untuk mendapatkannya.

  • Avast Battery Saver 

Avast Battery Saver Avast Battery Saver wajib dimasukkan dalam salah satu aplikasi penghemat baterai Android terbaik untuk menyelamatkan usia handset kesayangan. Aplikasi ini bahkan diklaim bisa menghemat hingga 20% usia baterai dibandingkan ketika kamu tidak menggunakannya.

Aplikasi ini dibuat dengan tampilan antarmuka sangat sederhana sehingga siapapun dapat mengoperasikannya dengan baik. Kamu hanya perlu membuka Avast Battery Saver yang telah terpasang di perangkat, lalu memilih opsi Stop Apps untuk meningkatkan performa handset lebih baik.

Aplikasi penghemat baterai android paling ampuh  ini juga memiliki fungsi adaptive energy estimate yang memungkinkan perangkat memperkirakan sisa tenaga handset. Kamu juga dapat memilih battery plan yang dapat disesuaikan dengan keadaan perangkat, seperti smart, home, work, night, dan emergency.

Avast sendiri telah digunakan oleh jutaan pengguna Android di seluruh dunia sebagai salah satu perangkat paling terpercaya. Sobat bisa mendapatkan perangkat ini secara gratis di Play Store, namun pengembang menyediakan layanan in-app purchase untuk layanan lebih baik.

  • Greenify

GreenifyGreenify adalah salah satu aplikasi penghemat baterai Android paling efektif yang membutuhkan akses root agar dapat menjalankannya. Aplikasi ini bahkan sempat dinobatkan situs Lifehacker sebagai Top 1 Utility Best Android App tahun 2013 lalu. Plus, aplikasi ini juga masuk dalam tiga daftar Best Root App di situs Android Authority.

Aplikasi ini pada dasarnya tidak mematikan aplikasi untuk melakukan penghematan baterai, namun Greenify secara otomatis akan memasukkan aplikasi yang kurang dibutuhkan dalam mode Hibernasi. Penggunaan mode hibernasi sendiri dianggap cukup efektif dibandingkan mematikan aplikasi karena handset hanya membutuhkan daya lebih sedikit ketika “membangunkannya” dibandingkan menghidupkan kembali sejak awal.

Greenify sebagai salah satu aplikasi penghemat baterai terbaik memiliki fitur khusus untuk pengguna Android v6.0 (Marshmallow). Perangkat lunak ini menyediakan fitur yang akan memaksimalkan kinerja Doze – penghemat daya dari sistem operasi tersebut. Namun kamu yang masih menggunakan versi Android lebih lama tak perlu khawatir karena Greenify tetap dapat berfungsi dengan baik sebagai aplikasi penghemat baterai Android Kitkat dan versi lain yang mendukung.

  • Battery Doctor (Power Saver) 

Battery Doctor (Power Saver) Battery Doctor sebenarnya memiliki penampilan yang hampir serupa dengan DU Battery Saver. Namun demikian aplikasi yang dikembangkan oleh Cheetah Mobile Inc. ini tentu memiliki keunggulan tersendiri yang pastinya tidak akan membuat kamu menyesal memasangnya dalam perangkat.

Aplikasi satu ini memiliki beberapa fitur unggulan, antara lain:

  1. 1-tap Power optimization yang memungkinkan pengguna menghentikan aplikasi penyedot daya baterai hanya dalam satu sentuhan
  2. Charge Master yang dapat memperlihatkan status charging baterai perangkat kesayangan
  3. Full Control of Power-draining Apps yang cukup berguna untuk mengetahui aplikasi yang kiranya dapat menyedot daya baterai, kemudian menghentikannya mengonsumsi power yang tersisa
  4. Smart Use of Battery untuk mengetahui perkiraan konsumsi daya ketika perangkat digunakan untuk melakukan sebuah kegiatan, seperti memainkan permainan tertentu atau ketika sambungan WiFi menyala
  5. Convenient Power-saving Widget merupakan sebuah layanan akses cepat ke sistem perangkat, yang meliputi penggunaan WiFi, penerangan layar, dan lain sebagainya.

Aplikasi yang telah diunduh oleh jutaan orang ini juga menyediakan opsi power saving mode untuk mengetahui penggunaan daya sesuai dengan kegiatan harian. Anda yang membiarkan ponsel menyala di malam hari misalnya dapat menggunakan mode sleep yang secara otomatis mematikan beberapa fungsi perangkat untuk menghemat baterai.

Aplikasi ini didukung oleh 28 bahasa berbeda yang dapat dipilih sesuai kebutuhan. Tampilan antarmuka perangkat yang cukup sederhana dapat dipastikan mudah digunakan. Plus, Anda juga akan mendapatkan tips mengisi daya baterai sehingga pengisian daya dapat berlangsung lebih efektif dan cepat.

Apliaksi ini bisa kamu dapatkan langsung di Google Play Store secara gratis. Pengguna yang bisa menikmati layanan perangkat ini harus sudah menggunakan Android v4.0 keatas agar dapat berfungsi dengan baik.

Menghemat baterai Android memang menjadi sebuah hal yang cukup sulit dilakukan – terutama jika kamu merupakan pengguna kelas “berat”. Namun demikian dengan adanya pilihan aplikasi penghemat baterai Android terbaik yang telah diulas tersebut perangkat akan dapat menjalankan fungsinya secara optimal tanpa terlalu banyak menguras daya. Selamat mencoba.



Artikel Terkait :

Kirim Komentar

%d blogger menyukai ini: