≡ Menu

Aplikasi Scanner Dokumen Untuk HP Android!

Kehadiran ponsel pintar yang menggunakan sistem operasi Android menjadi sebuah penemuan besar yang tidak dapat dipungkiri bermacam manfaatnya. Segala macam kebutuhan atau masalah dapat diatasi dengan menggunakan perantara perangkat Android, tidak terkecuali dengan kebutuhan perkantoran seperti scanning dokumen.

Dengan aplikasi scanner dokumen untuk HP android, kamu tidak perlu lagi kerepotan  mencari mesin scaner terdekat. Kapanpun dan dimanapun, handset kesayangan sobat bisa disulap menjadi mesin scanner dokumen dengan adanya bantuan dari aplikasi scanner dokumen.

So, bingung harus memiliki aplikasi scanner yang mana? Tidak perlu merasa khawatir, berikut ada beberapa pilihan aplikasi scanner dokumen untuk HP android:

  • Adobe Scan: PDF Scanner, OCR

Seperti yang telah tercantum pada namanya, aplikasi scanner dokumen untuk HP android yang pertama ini merupakan aplikasi yang dibuat oleh Adobe. Aplikasi ini dapat melakukan scanning pada nota, catatan, dokumen, foto, kartu nama, dan whiteboards  kemudian mengubahnya menjadi file Adobe PDF sesuai dengan kebutuhan.

Tidak hanya mengubah ponsel pintar android menjadi mesin scanning, Adobe pun memberikan klaim bahwa aplikasi Adobe Scan ini mampu mengenali teks secara otomatis berkat teknologi OCR atau Optical Character Recognition.

Saat menyorot dokumen atau materi yang akan discanning dengan kamera ponsel pintar, maka Adobe Scan akan secara otomatis mendeteksi batas tulisan. Konten yang disorot pun akan dipertajam secara otomatis. Kemudian sobat dapat melakukan re-touch seperti melakukan rotasi, memotong, menyesuaikan warna, mengulang kembali dan melakukan preview. Aplikasi Adobe Scan ini memiliki ukuran sebesar 31 MB dan membutuh sistem operasi 5.0 keatas untuk dapat beroperasi ya.

  • Office Lens

Sama halnya dengan Adobe, developer raksasa Microsoft pun mengeluarkan aplikasi scanner dokumen untuk HP android. Office Lens ini pun dapat mengubah nota, catatan, dokumen, gambar sketsa serta whiteboard menjadi file pdf saat discanning.

Tak hanya itu, konten scanning yang dihasilkan oleh Office Lens tadi pun dapat dirubah menjadi file Word atau PowerPoint. File tersebut pun kemudian dapat disimpan pada OneNote, OneDrive atau local device. Serbaguna sekali bukan?

Office Lens pun juga memungkinkan sobat melakukan pengeditan terhadap hasil scanning dokumen yang telah dilakukan, misalnya saja melakukan pemotongan atau melakukan peningkatan kualitas terhadap hasil scanning. Aplikasi ini sendiri memiliki besaran yang berbeda menyesuaikan gawai yang sobat gunakan. Office Lens ini membutuhkan sistem operasi 5.0 dan diatasnya untuk dapat digunakan dengan baik.

  • Turboscan

Aplikasi scanner dokumen untuk HP android ketiga yang bisa Anda coba adalah Turboscan yang dikeluarkan oleh Piksoft Inc. Memiliki ukuran mungil, Turboscan ini bisa jadi aplikasi scanner paling ringan yang bisa sobat temukan. Meski demikian, kemampuannya untuk melakukan pengolahan scanning dokumen tidak boleh diremehkan begitu saja loh.

Turboscan mampu melakukan scanning padan dokumen, nota, catatan, whiteboards, foto dan teks lainnya yang  digunakan sehari-hari. Aplikasi ini bahkan mengklaim mampu  mengubah ponsel pintar menjadi sebuah mesin scanning full-featured dan powerful.

Hasil scanning Turboscan dapat disimpan kedalam bentuk file PDF atau JPEG yang memiliki kualitas tinggi. Canggihnya lagi nih, aplikasi scanner ini pun memungkinkan penggunanya menghasilkan hingga tingga multipage files! Ditambah lagi dengan adanya SureScan, mode scanning yang akan sangat bermanfaat kala harus melakukan scanning dokumen dalam kondisi low-light.

Dilihat dari pengolahan hasil scanning pun Turboscan tidak perlu diragukan. Aplikasi ini mampu mendeteksi batas pinggiran dokumen secara akurat, memperbaiki perspektif, meminimalisir bayangan dan mengatur kontras (black on white) secara sempurna.

Tak perlu ragu lagi, segera pasang aplikasi Turboscan pada ponsel pintar kesayangan. Aplikasi ini memiliki ukuran sebesar 6.8 MB saja dan sudah dapat digunakan pada operasi sistem 4.0 keatas.

  • Tiny Scanner

Aplikasi scanner dokumen untuk HP android yang disarankan untuk sobat adalah Tiny Scanner keluaran Appxy. Aplikasi ini mampu menyimpan hasil scanning dokumen, foto, nota, laporan dan lainnya menjadi file gambar atau juga PDF. Oh iya, aplikasi ini mampu dioperasikan melalui ponsel pintar atau juga tablet.

Aplikasi ini mampu melakukan scanning pada file berwarna, grayscale atau juga black and white. Selain itu, Tiny Scanner juga memungkinkan penggunanya memasang passcode  pada hasil scanning yang dimiliki. Tiny Scanner juga memungkinkan sobat untuk mengatur ukuran hasil scanning yang akan dicetak sesuai dengan kebutuhan (Letter, Legal, A4 dan sebagainya).

Tertarik untuk menggunakannya? Aplikasi Tiny Scanner memiliki ukuran sebesar 39 MB dan ramah digunakan pada ponsel pintar android dengan sistem operasi mulai dari 3.0 keatas.

Kegiatan scanning kini tak perlu ribet dilakukan semenjak adanya aplikasi scanner dokumen untuk HP Android. Kamu tak perlu bingung mencari alat scanner dan bisa melakukan pemrosesan dokumen kapanpun dan dimanapun dengan mudah. Selamat mencoba dan semoga membantu.



Artikel Terkait :

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: